Algoritma Greedy untuk Optimalisasi Ruangan dalam Penyusunan Jadwal Perkuliahan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shinta Oktaviana
Abdurrahman Naufal

Abstract

Algoritma greedy merupakan algoritma yang bersifat heuristik dan urutan logisnya disusun berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Dalam penelitian ini algoritma greedy digunakan untuk mengoptimalisasi penggunaan ruangan yang ada di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta (JTIK). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah algoritma greedy dapat mengoptimalisasi pembuatan Sistem Penjadwalan Mata Kuliah di JTIK dalam mengetahui jumlah ruangan yang kosong setelah digunakannya algoritma, dan mengetahui apakah metode menggunakan algoritma greedy lebih baik dari pada sistem manual. Data yang digunakan adalah jadwal mata kuliah tahun ajaran 2016/2017 ganjil genap, dan 2015/2016 ganjil. Hasil akhir pembuatan sistem berupa suatu jadwal mata kuliah yang dapat dilihat ruangan kosong yang ada dan durasi kosongnya ruangan tersebut. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan banyaknya ruangan kosong hasil dari sistem yang menggunakan algoritma greedy dengan sistem manual. Berdasarkan data jadwal mata kuliah yang diinput ke dalam sistem ditunjukkan bahwa algoritma greedy memiliki ruangan kosong lebih banyak, hal itu menunjukkan bahwa algoritma greedy mampu mengoptimalisasi ruangan pada penjadwalan mata kuliah JTIK secara baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Shinta Oktaviana, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Abdurrahman Naufal, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer
How to Cite
Oktaviana, S., & Naufal, A. (2017). Algoritma Greedy untuk Optimalisasi Ruangan dalam Penyusunan Jadwal Perkuliahan. MULTINETICS, 3(1), 54–59. https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i1.1117

References

  1. Angga, C., & Munir, R. 2012. Pengembangan Algoritma Greedy untuk Optimalisasi Penataan Peti Kemas Pada Kapal Pengangkut. Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung bidang Teknik Elektro dan Informatika.
  2. Juniar, Ahmad. 2015. Penerapan Algoritma Greedy pada Penjadwalan Produksi Single-Stage dengan Parallel Machine di Industri Konveksi.Vol. 16, No. 2. Jakarta.
  3. Baker, K. 1974. Introduction To Sequencing and Scheduling. New York: Jhon Willey and Sons, Inc.
  4. Sigit W, A. 2011. Pemrograman Web Aplikatif dengan Java. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
  5. Kendall, K., & Kendall, J. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem, Alih Bahasa oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany. Vol 5. Jakarta.
  6. Roger, S. P. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan. Praktisi) Edisi 7 : Buku 1.Yogyakarta: ANDI.
  7. Sari, R.. 2017. Apa Saja Permasalahan yang Terjadi pada Penjadwalan di Jurusan TIK.Wawancara.Politeknik Negeri Jakarta.[Diwawancara tanggal 25Februari2017]