Pembuatan Film Animasi "TEMAN" Menggunakan Teknik Puppet Pin dan Duik sebagai Media Edukasi Anak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eriya Eriya
Fariz Arizky Zhafiri

Abstract

Animasi memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan pendidik, salah satunya adalah untuk membantu proses memvisualisasikan cerita dalam rangka memberikan edukasi kepada anak-anak. Penyampaian edukasi melalui media animasi akan mudah untuk dipahami anak, salah satunya untuk mengajarkan tentang kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Film animasi “TEMAN” berupaya untuk membangkitkan rasa toleransi dan menghargai perbedaan yang ada pada kehidupan sehari-hari. Dalam pembuatan film animasi “TEMAN” digunakan teknik Puppet Pin dan Duik untuk menggerakkan karakter dengan gerakan yang sederhana misalnya gerakan berjalan dan berlari. Sedangkan Duik digunakan untuk membuat controller pada wajah karakter yang berfungsi untuk mengubah ekspresi wajah karakter dan juga membantu animator mempermudah pengerjaan Lip Sync karakter. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan teknik Puppet Pin dihasilkan gerakan yang halus pada karakter. Penggunaan teknik Duik menghasilkan kesesuaian ekspresi dengan dialog serta gerak mulut dengan baik. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Eriya, E., & Zhafiri, F. A. (2017). Pembuatan Film Animasi "TEMAN" Menggunakan Teknik Puppet Pin dan Duik sebagai Media Edukasi Anak. MULTINETICS, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i1.1113

References

  1. A. Nugroho, Mawan. 2010, Maret. 12 Prinsip Animasi
  2. Amin. 2014. “Penjelasan fungsi Tools Panel di After Effet”
  3. Dufresne, Nicholas 2015. “Rigging DUIK Animation”
  4. Madcoms. 2013. Kupas Tuntas Adobe After Effect CS6. Yogyakarta : Andi Offset.
  5. Meliana Luwuk, Liliana, Djoni H. Setiabudi. 2012. “Aplikasi Penggabungan Obje Transparan Kedalam Sebuah Image”. Jurnal Saintikom, Vol.1-No.1, Agustus 2012.
  6. Muhammad, Nur. 2010. “Pengenalan Dasar After Effect”.
  7. Priatmono, Dody. 2013. Jenis-Jenis Animasi.