Rancang Bangun Aplikasi Telemedika untuk Pasien Diabetes Berbasis Platform iOS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Septian Rheno Widianto

Abstract

Telemedika adalah praktik kesehatan dengan memakai komunikasi audio visual dan data, termasuk perawatan, diagnosis, konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit degeneratif, terjadi gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein serta ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia) dan dalam urin (glukosuria). Berdasarkan hasil evaluasi analisis, dan perancangan, maka disimpulkan bahwa dengan pengembangan aplikasi GLUTApp dapat memfasilitasi penginputan, penyimpanan, dan pemantauan hasil pemeriksaan kadar gula darah. GLUTApp juga memudahkan pasien diabetes dalam menyimpan dan mengolah medical record dengan adanya media penyimpanan pada database yang dapat diakses oleh pengguna.  Para pengguna dapat menerima notifikasi yang efektif terkait dengan medical record yang dinput. GLUTApp memberikan kemudahan bagi guardian dan dokter dalam memantau kesehatan pasien dan memungkinkan untuk memberikan rekomendasi resep obat, tindakan dan rumah sakit terdekat dengan menggunakan smartphone berbasis iOS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widianto, S. R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Telemedika untuk Pasien Diabetes Berbasis Platform iOS. MULTINETICS, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i1.1083

References

  1. Idris, S.1992. Pengantar Teknologi Pengolahan Susu, Animal Husbandry Project, Universitas Brawijaya, Malang.
  2. Medicastore. (2009). Diabetes Mellitus, 1.0. [Accesed 20 Maret 2017]., from medicastore.com/index.php? mod= penyakit&id=135
  3. Regina 2012. Komplikasi Diabetes Melitus. Diabetes Melitus.org Pusat Informasi Penyakit DM. Available from: http:// diabetesmelitus. org/ komplikasi- diabetes- melitus/ [Accessed 20 Maret 2017].
  4. Chaudhary, F. D., Chaudhary, S. D., Masood, K., & Qadri, S. K. (2010). Evaluation of Lifestyle Modification in Diabetes Patients. Nishtar Medical Journal, 2.
  5. Nur. (2007). 7 Gejala Diabetes yang Wajib Anda Tahu.
  6. Taylor, S. E. (2006). Health Psychology. (6th. Ed), Singapore: Mc. Graw Hill Book Company.