Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan di SMA dengan Analytic Hierarchy Process (AHP)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desita Aulia Anju
Fajar Agustian
Khalid Ibnu Walid

Abstract

Abstrak - Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah pemilihan jurusan di SMA. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membangun suatu SPK, diantaranya Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multi kriteria. Penelitian ini menggunakan metode AHP dalam menentukan pemilihan jurusan di SMA. Sistem dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman C# dan aplikasi SQL Server yang digunakan untuk mengolah data. Data yang diolah berupa empat kriteria (Nilai Akademik, Nilai Psikotest, Minat Siswa, dan dari Orang Tua) untuk tiga alternatif (IPA, IPS, dan Bahasa). Hasil penelitian akan menunjukan sistem pendukung keputusan yang telah dirancang dapat menghasilkan informasi prioritas jurusan yang sesuai dengan kemampuan siswa sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pemilihan jurusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Anju, D. A., Agustian, F., & Walid, K. I. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan di SMA dengan Analytic Hierarchy Process (AHP). MULTINETICS, 4(1), 27–33. https://doi.org/10.32722/multinetics.v4i1.1075

References

  1. Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.
  2. Sparague, R. H. and Watson H. J. 1993. Decision Support Systems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts, N. J., Prentice Hall.
  3. Jogiyanto, H.M. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi Edisi IV. Yogyakarta: Andi.
  4. Yusuf. Masagus M, 2017. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Siswa Sma/Ma Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Man Bontang), Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi.
  5. Nurdiyanto, Heri & Minarto, Sulung Yoga. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit pada Koperasi Serba Usaha Berkah Tiram Jaya Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta Volume 1.
  6. Kusumo, Idam W. 2011. Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Fakultas Perguruan Tinggi Berbasis Web Mobile. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  7. Wirastama, Nufus. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi pada Perguruan Tinggi Melalui Jalur SNMPTN pada SMAN 16 Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.