Aplikasi Remote Desktop Komputer dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar pada Lab Fasilkom dengan iTALC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andi Nugroho

Abstract

Proses belajar mengajar yang diselenggarakan di Universitas Mercu Buana, dimana dosen memberikan materi di depan kelas dan mahasiswa memperhatikan dosen dari bangkunya masing-masing. Hal ini yang membuat proses belajar mengajar di Universitas Mercu Buana menjadi kurang efektif terutama di ruang laboratorium fakultas ilmu komputer (Fasilkom) yang berjumlah 6 kelas. Setiap mahasiswa disediakan komputer pada setiap mejanya. Mahasiswa dapat membuka komputer dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya pemantauan, dosen tidak dapat memantau secara keseluruhan kinerja dari siswanya satu per satu. Dengan adanya aplikasi remote desktop ini diharapkan dosen dapat memantau kinerja mahasiswanya dari komputer dosen yang berada di depan kelas. Koordinator lab dan juga tim laboran dapat melakukan maintenance lab secara realtime dengan menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus ke lapangan, cukup di-remote dari ruang laboran. Aplikasi remote desktop ini dapat mengunci tampilan mahasiswa yang membuka aplikasi selain dari mata kuliah yang semestinya sehingga mahasiswa tersebut tidak dapat menggerakkan kursornya sebelum dosen membukakan hak aksesnya.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nugroho, A. (2017). Aplikasi Remote Desktop Komputer dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar pada Lab Fasilkom dengan iTALC. MULTINETICS, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i1.1071

References

  1. Inamdar, A., Aggarwal, H., Kadam, S., & Kadhane, M. (2013). COMPDROID -Remote Desktop Access through Android Mobile Phone. International Journal of Science and Modern Engineering (IJISME), 2(1), 25–27.
  2. Kotkar, A., Nalawade, A., Gawas, S., Patwardhan, A., & Mangale, S. (2013). Android Based Remote Desktop Client. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, 1(2), 345–348.
  3. Rahman, R. (2013). Mahir Adminstrasi Server dan Router Dengan Linux Ubuntu 12.04 LTS.
  4. Ternauciuc, A., & Ivanc, D. (2011). Remote desktop solutions used in e-Learning scenarios. 6th IEEE International Symposium on Applied Computational Intelligence and Informatics, 369–372.