Teknologi Virtualisasi Openvz dan Kernel-Based Virtual Machine sebagai Layanan IaaS pada Jaringan Enterprise

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Aziz
Adita Tarkono

Abstract

Server fisik saat ini memiliki perangkat keras yang sangat baik dalam menjalankan pekerjaan secara multitasking. Hal ini karena perangkat keras pada server fisik memiliki jumlah prosesor dan inti pemrosesan yang banyak serta didukung dengan kapasitas memori yang besar. Penggunaan server fisik secara tradisional sangat tidak efektif dalam memanfaatkan kemampuan multitasking dari server fisik. Selain itu juga, penggunaan satu sistem operasi pada server fisik untuk berbagai keperluan dapat menimbulkan konflik pada perangkat lunak. Teknologi virtualisasi mampu menjadi jawaban untuk mengatasi masalah-masalah tersebut karena mampu mengutilisasi secara penuh kemampuan server fisik dengan menciptakan mesin-mesin virtual yang berjalan bersamaan pada server fisik. Dengan adanya mesin-mesin virtual pada server fisik yang seolah-olah merupakan server fisik yang berjalan dengan sistem operasi masing-masing, mampu mengatasi masalah konflik pada perangkat lunak. OpenVZ dan Kernel–based Virtual Machine (KVM) merupakan teknologi virtualisasi bersifat bebas dan open source yang banyak digunakan. OpenVZ dan KVM memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Pada pengujian yang dilakukan, OpenVZ memiliki performa yang lebih baik dari KVM. Namun KVM memiliki kelebihan dari OpenVZ karena mampu mendukung banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan oleh mesin virtual yang dibuat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Abdul Aziz, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Adita Tarkono, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer
How to Cite
Aziz, A., & Tarkono, A. (2016). Teknologi Virtualisasi Openvz dan Kernel-Based Virtual Machine sebagai Layanan IaaS pada Jaringan Enterprise. MULTINETICS, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.32722/multinetics.v2i1.1064

References

  1. Rajo Kaciak, Gufron. Perbaikan Perangkat Komputer. Padang:Bung Hatta University Press, 2014.
  2. Wardani, Kusuma. Penerapan Cloud Computing di Instansi Pemerintah, 2013. http://ilmukomputer.org/2013/04/24/penerapan-cloud-computing-di-instansi-pemerintah/ [diakses, 25 April 2015].
  3. Barrie Sosinsky, Cloud Computing Bible, Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, ISBN: 978-0-470-90356, 2011.
  4. W. Purbo, Onno, Petunjuk Praktis Cloud Computing
  5. Indra Bayu, Teguh. Ratna Widiasari, Indrastanti. dan W. Chandra, Dian, Penerapan Teknologi Virtualisasi Tingkat Sistem Operasi pada Server Linux Ubuntu 8.04 menggunakan OpenVZ, Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, 2010.
  6. Budiyanto, Alex, Pengantar Cloud Computing.
  7. Musajid, Akrom, Proxmox Cloud Computing. https://kelaskita.com/media/static/5352d9bcd446dc1686f5fa49/proxmox-cloud-computing-virtualisasi.pdf, 2012 [diakses 25 April 2015].
  8. IDreg, Info Pengertian KVM, Xen, dan OpenVZ. http://www.idreg.net/, pengertian-kvm-xen-openvz/,2013. [diakses 9 Mei 2015].
  9. Ahmed, Monjur, Physical Server and Virtual Server: The Performance Trade-Offs. Bangladesh:Daffodil Institute of Information Technologi, 2013.
  10. Ardianto, Novan. Widyawan. dan Sumaryono, Sujoko, Pengembangan Virtual Appliance Server dengan Metode Virtualisasi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2012.
  11. Eka P, Ricky. Rachman, Andy. dan Wahyu H, Tri, Virtual Private Server (VPS) sebagai Alternatif Pengganti Dedicated Server. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2010.
  12. Goldberg, Robert P, Architectural Principles for Virtual Computer System, Cambridge: Havard University, 2010.
  13. Suryono, Tito. dan Faruq Afif, Mohammad, Pembuatan Prototype Virtual Server Menggunakan Proxmox VE untuk Optimalisasi Resource Hardware di NOC FKIP UNS. Solo:IJNS, 2012.
  14. Adhiwibowo, Whisnumurti, Kernel-based Virtual Machine untuk Virtualisasi Database sebagai Solusi Kebutuhan Perangkat Keras Studi Kasus Implementasi Sistem Informasi Klinik Kecantikan. Semarang, Universitas Semarang, 2013.
  15. VMware, Virtualization Basic. http://www.vmware.com /virtualization/Virtualization-basics/, 2014 [diakses 1 April 2015].