Pembuatan User Interface dan Animating pada Media Pembelajaran Interaktif Idiom Bahasa Inggris

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Faizah Dinar
Yoyok Sabar Waluyo

Abstract

Idiom merupakan susunan kata-kata yang mempunyai arti khusus yang tidak diterjemahkan secara aksara (literally). Idiom digunakan untuk memberikan ciri khas bagi suatu kalimat sehingga banyak masyarakat yang menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, idiom tidak masuk ke dalam kurikulum pendidikan bahasa Inggris di Indonesia, sehingga sulit bagi masyarakat yang ingin mempelajarinya. Banyak buku yang menjelaskan tentang idiom, namun belajar dari buku teks kini dianggap kurang efektif seiring berkembangnya teknologi dan multimedia. Dengan menggabungkan fungsi buku dan teknologi, maka akan lebih baik jika media pembelajaran dibuat dengan lebih interaktif dan membuat penggunanya lebih cepat menangkap ilmu yang diberikan dengan cara yang menyenangkan. Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif ini dibutuhkan seorang desainer user interface yang berperan sebagai orang yang mendesain tampilan media interaktif  dan animator yang berperan sebagai orang yang menganimasikan objek dalam sebuah cerita di dalam media interaktif tersebut. Pembuatan user interface dan animasi akan lebih baik dengan memanfaatkan prinsip perancangan user interface dan 12 prinsip animasi. Tampilan user interface mendapatkan presentase sebesar 86,6-93,3% dari koreponden yang menyatakan bahwa tampilan user interface menarik dan tidak membingungkan. Untuk animasi mendapatkan presentase sebesar 73,3-83,4% yang membuktikan bahwa animasi sudah baik dan sesuai. Sedangkan untuk aplikasi media pembelajaran interaktif ini mendapatkan presentase sebesar 80-100%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Faizah Dinar, Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Yoyok Sabar Waluyo, Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

How to Cite
Dinar, F., & Waluyo, Y. S. (2016). Pembuatan User Interface dan Animating pada Media Pembelajaran Interaktif Idiom Bahasa Inggris. MULTINETICS, 2(1), 55–68. https://doi.org/10.32722/multinetics.v2i1.1058

References

  1. Binanto, I. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
  2. Ananto, B. S. (2011). Implementasi Sistem Bantuan Penderita Buta Warna: Desain Antarmuka Pengguna, Sistem Tes Buta Warna dengan Ishihara, dan Transformasi Warna Pada Sistem Realitas Tertambah. Depok: Universitas Indonesia.
  3. Nari, J., Rindengan, Y., Tulenan, V., Sentinuwo, S., & Lantang, O. (2014). Perancangan Studio Musik Bambu Dengan Perspektif Animasi 3D. E-journal Teknik Informatika, 4 (2), 1-7.
  4. Ramayulis, P. D. (2015). Dasar - Dasar Kependidikan (Suatu Pengantar Ilmu Kependidikan) (1st ed.). Jakarta: Kalam Mulia.
  5. Hendriani, M. (2010). Media Pembelajaran tentang Pola Makan Seimbang Bagi Anak-Anak Usia 4–6 Tahun Melalui Permainan. Jurusan Desain Komunikasi Visual Nirmana , 12 (1), 36-44.
  6. Siswanto, J. (2011). Compact Disk Online (CD-O) Sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , 2 (1), 56-70.
  7. Khurriyatur, R. (2013). Perancangan Interaktif Company Profile PT. Simpati Global Surabaya. STIKOM Surabaya.
  8. Yuniarto, A., Suwachid, & Estriyanto, Y. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Praktik CAD I (AUTO CAD 2 Dimensi) Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Nosel , 1 (4).
  9. Sullivan, J. J., & Podo, H. (2011). Kamus Ungkapan Inggris-Indonesia (Dictionary of Idioms and Idiomatic Expression) (3rd ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  10. Ardhiyani, J., & Bachtiar, A. M. (2014). Analisis User Interface Media Pembelajaran Pengenalan Kosakata Untuk Anak Tunarungu. Makassar: Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI).
  11. Suteja, B. R., & Harjoko, A. (2008). User Interface Design for e-Learning System. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi .
  12. Athari, M. A. (2015). Modeling Karakter dan Lighting pada Film Animasi 3D “Jujur Itu Lebih Baik” dalam Upaya Membangkitkan Jiwa Kejujuran Anak. Depok: Politeknik Negeri Jakarta
  13. Purnomo, W., & Andreas, W. (2013). Teknik Animasi 2 Dimensi. Malang: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.
  14. Effendhy, A. (2015). Otodidak Photoshop CC Dari Basic Hingga Mahir. Huta Paint.
  15. Botello, C. (2013). Adobe Illustrator CS6 Revealed. New York: Cengage Learning.
  16. Dufresne, N. (2015). Rigging Duik Animation: User Guide - Version 15. Duduf.
  17. Sugianto, M. (2012). Seri Belajar Cepat: Adobe Premiere Pro CS5. Yogyakarta: Andi.
  18. Saputra, W., & Purnama, B. E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi , 4 (2), 60-67.
  19. Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 pada MI Nurul Falah Ciater. Evolusi , II (1), 1-11.
  20. Aswin, B. P. (2015). Resitasi Idiom Itu Menyenangkan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.