Desain Game “Agent J” dengan Memanfaatkan Mind Wave dan Webcam sebagai Kontrol Masukan dan Interaksi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iwan Sonjaya
Amri Hidayatulloh
Mauldy Laya

Abstract

Berbagai perangkat masukan kontrol telah dikembangkan, seperti Joystick, Pad, Wheelsteer, Keyboard bahkan Kinect. Jenis–jenis perangkat masukan yang ada, mengacu pada gerak motorik pemain. Hal ini masih membatasi para penyandang disabilitas untuk ikut bermain. Penerapan teknologi EEG pada Mindwave dan kamera web mampu diterapkan sebagai masukan kontrol permainan maya yang bersifat “Motionless”. Permainan (game) ini menggunakan karakter dan environment tiga dimensi (3D) dengan 3 level/stage. Pengujian terhadap Beta-User mencapai keberhasilan rata – rata 78.8% dengan sentimen ketertarikan sebesar 90%, kesulitan sebesar 68%, akurasi sebesar 72%, imersifitas sebesar 78% dan objektifitas manfaat 86%. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknologi EEG telah mempengaruhi ketertarikan pemain dalam bermain dengan tingkat imersifitas dan manfaat yang cukup tinggi untuk kendali yang bersifat “Motionless” dimana hal ini dapat dikembangkan dan diterapkan bagi para penyandang disabilitas

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sonjaya, I., Hidayatulloh, A., & Laya, M. (2016). Desain Game “Agent J” dengan Memanfaatkan Mind Wave dan Webcam sebagai Kontrol Masukan dan Interaksi. MULTINETICS, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.32722/multinetics.v2i2.1054

References

  1. REFERENSI
  2. N Yildirim, A Varol, 2013: Developing educational game software which measures attention and meditation with brainwaves: matching mind math - ICEE ICIT 2013 Conference.
  3. Vrocher, Diamond MD, 2009: How useful is EEG and EEG monitoring in the acutely ill and how to interpret it?." Epilepsia 50.s12 (2009): 34-37.
  4. Kim Gerard J, 2014 : Human-Computer Interaction, Fundamental and Practice. Broken Sound Parkway NW : CRC Press.
  5. Salen, Katie. 2003. Rules of Play – Game Design Fundamental. Cambridge, Massachusetts : MIT Press.
  6. William Lu, 2008: Evolution of Video Game Controllers. Roseville: Prima Publishing.
  7. D. Y. Qiao et al., 2013: "A Portable Mind Wave Monitor Headrest Applied in Sleep Promotion", Applied Mechanics and Materials, Vols. 411-414, pp. 1475-1479.
  8. Birg Daniel, 2012 : NeuroSky Mindwave Mobile Review. 20 Juni 2015. http://www.laptopmag.com/reviews /accessories/neurosky-mindwave-mobile.
  9. Grossmanm, Gary, 2006: ActionScript 3.0 Design Patterns: Object Oriented Programming Techniques. O'Reilly Media, Inc.