Visualisasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mauldy Laya
Rewaldy Rewaldy

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat perkembangan pula pada bidang virtual reality menjadi augmented reality. Augmented reality secara cepat berkembang di berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu kelebihan dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media sebagai aplikasi mobile dalam smartphone. Makalah ini mengembangkan aplikasi dengan menggunakan teknologi augmented reality untuk visualisasi sistem tata surya. Visualisasi terbagi menjadi 4 bagian yaitu visualisasi matahari dan planet-planet, pengelompokan planet-planet, gerhana, dan benda-benda langit. Software yang digunakan diantaranya Unity 3D, Vuforia, Cinema 4D, Android SDK. Hasil pengujian bahwa aplikasi berjalan baik pada perangkat smartphone dengan RAM minimal 278MB dan kecepatan prosesor minimal 800MHz. Hasil kuesioner pengguna menunjukkan aspek desain navigasi, kualitas, dan tingkat kepuasan lebih dari 50%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Laya, M., & Rewaldy, R. (2015). Visualisasi Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. MULTINETICS, 1(1), 36–40. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1039

References

  1. Philippe Fuchs, Guillaume Moreau, Pascal Guitton. Virtual Reality: Concepts and Technologies. CRC Press, 2011
  2. Gonydjadja, Rosny. Augmented Reality. http://rosni-gj.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/26487/Kuliah+Augmented+Reality.doc. [8 April 2012]
  3. Shofiyullah, Moh Panji. Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality untuk Kegiatan Pembelajaran Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. 2011
  4. Santos, M.E.C.; Chen, A.; Taketomi, T.; Yamamoto, G.; Miyazaki, J.; Kato, H., "Augmented Reality Learning Experiences: Survey of Prototype Design and Evaluation," Learning Technologies, IEEE Transactions on , vol.7, no.1, pp.38,56, Jan.-March 2014
  5. B.B. Agarwal, S.P. Tayal, M. Gupta, Software Engineering and Testing, Jones and Bartlett Publishing, 2010.
  6. Sinan Si Alhir, Learning UML, O'Reilly, 2003.