Analisa Pengiriman Citra Terkompresi SPIHT dengan Teknik Spread Spectrum Direct Sequence (DS-SS)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nia Maulidia

Abstract

Pada era teknologi informasi saat  ini permintaan akan kebutuhan komunikasi multimedia terus meningkat. Situs web di internet dibuat semenarik mungkin dengan menyertakan visualisasi berupa gambar atau video yang dapat diputar. Citra (image) sebagai salah satu komponen multimedia memegang satu peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual. File citra  memiliki kapasitas yang cukup besar, dan untuk mengaksesnya dibutuhkan waktu yang lama, sehingga  dibutuhkan  sebuah teknik kompresi data, dengan tujuan untuk mengurangi redudansi dari data-data yang terdapat dalam file citra, sehingga file citra dapat disimpan atau ditransmisikan secara efisien. Dalam hal ini file citra akan dikompresi dengan menggunakan algoritma SPIHT (Set Partitioning In Hierarchical Trees), SPIHT merupakan algoritma kompresi citra yang mampu mencapai rasio kompresi yang tinggi. Dengan cara mengkodekan koefisien hasil transformasi wavelet secara bertahap, dikarenakan  aliran data terkompresi sangat rentan terhadap gangguan kanal. Pada proses transmisi digunakan teknik Direct Sequence Spread Spektrum (DS-SS). Hasil yang didapat setelah simulasi, berupa citra-citra rekonstruksi yang diukur dengan parameter penilaian obyektif yang berdasarkan nilai Peak Signal to Noise Ratio. Penilaian obyektif kualitas citra rekonstruksi yang efisien dengan rate 2bpp diperoleh nilai PSNR 46.834 dB.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maulidia, N. (2015). Analisa Pengiriman Citra Terkompresi SPIHT dengan Teknik Spread Spectrum Direct Sequence (DS-SS). MULTINETICS, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1037

References

  1. M. Agus Zainuddin, Aries Pratiarso, dan Adhi Ddarma Wibawa, ”Analisis Kinerja Sistem Transmisi Citra Menggunakan Teknik Diversitas Dengan Umpan Balik LDPC”, IES, Nopember 2008
  2. T. Morkel, J.H.P. Eloff, dan M.S. Olivier, “An Overview Of Image Steganography” , ICSA Research Group, South Africa, 2005.
  3. Abas Ali Pangera, “Perbandingan FHSS dan DSSS Pada teknologi spread spectrum”, STMIK Amikom Jogjakarta 2003.
  4. Said and W.A . Pearlman, “A New Fast and Efficient Image Codec Based on Set Partitioning In Hiearchical Tress” IEEE Trans. Ciecuits and System for Video Technology, Vol. 6, pp.243-250,june 1996.