Model Tata Kelola TI Universitas Swasta Jakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Dwijayanthi Nirmala
Yudho Giri Sucahyo

Abstract

Meningkatnya peran teknologi informasi maka investasi di bidang teknologi Informasi semakin besar dan semakin kompleks dalam pengelolaannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu tata kelola teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasinya. Saat ini, Universitas di Indonesia sebagai salah satu bentuk organisasi membutuhkan suatu tata kelola teknologi informasi yang baik, agar investasi teknologi informasinya dapat berjalan dengan baik. Penulisan ini membuat suatu tata kelola teknologi informasi untuk universitas dengan menggunakan gabungan model tata kelola teknologi informasi model Van Grembergen, Weil dan Ross, AS-8015 dan COBIT 5. Dalam membangun model ini, dilakukan analisa dari beberapa dokumen penelitian karya ilmiah secara kualitatif  dengan pendekatan grounded theory, dalam menentukan kriteria yang tepat dan benar untuk membentuk sebuah model tata kelola teknologi informasi pada universitas, dan dilakukan validasi model ke beberapa universitas. Hasil dari kajian model tersebut nantinya adalah usulan model tata kelola teknologi informasi pada universitas swasta di jakarta. Model ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk tata kelola TI pada universitas dengan menekankan aktivitas-aktivitas identifikasi tujuan, akusisi TI, identifikasi TI, estimasi biaya anggaran, dan pengelolaan SDM.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nirmala, I. D., & Sucahyo, Y. G. (2015). Model Tata Kelola TI Universitas Swasta Jakarta. MULTINETICS, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1036

References

  1. Van Grembergen, Strategies for Information Technology Governance, Idea Group Publishing, 2005.
  2. AS 8015, Good Governance of Information & Communication Technology ,Council of Standards Australia, January 2005.
  3. Weill, P. & Ross (2004) J.W., “Tata kelola TI , How Top Performers Manage TI Decision Rights for Superior Results”, Harvard Business School Press, Boston.
  4. Ward, J.M., Peppard, J., 2002. Strategic Planning for Information Systems, third ed. Wiley, Chichester.
  5. Yuliati, Sri (2009). Rancangan Model Tata Kelola TI Untuk Mendukung Unjuk Kerja Dengan Pendekatan Struktur, Proses dan Mekanisme Hubungan Studi Kasus BPMIGAS. Karya Akhir Program Studi Magister Teknologi Informasi, Jakarta: Universitas Indonesia.
  6. Adella, Puti. (2013). Evaluasi Layanan Teknologi Informasi Di Kementerian Komunikasi dan Informatika Berdasarkan TIIL V3 dan COBIT 5. Karya Akhir Program Studi Magister Teknologi Informasi, Jakarta: Universitas Indonesia.
  7. IT Governance Institute, Enabling Process COBIT 5 . ISACA. 2012.