Penyusunan Audit Program untuk Pengendalian Aplikasi Modul Human Resources pada Sistem Terintegrasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bagus Satriawan Wahju Utomo
Indra Kharisma Raharjana
Eva Hariyanti

Abstract

Dengan mengandalkan teknologi informasi sebagai tulang punggung operasional perusahaan, aplikasi yang terlibat di dalamnya harus benar-benar dapat diandalkan dan tidak terdapat kesalahan ketika digunakan. Untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya pengendalian aplikasi. Namun, pengendalian aplikasi memerlukan pedoman agar kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan awal sehingga aplikasi berfungsi secara efektif dan efisien. Pedoman tersebut dapat berupa audit program yang berisi prosedur untuk melakukan pengendalian yang akan dijalankan. Audit program dapat disusun menggunakan kerangka utama yang dikemukakan oleh Bellino dan Hunt. Selanjutnya, audit program disesuaikan dengan fungsional Human Resources (HR) sebagai studi kasus. Fungsional HR yang digunakan adalah rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi dan evaluasi kinerja. Untuk memastikan audit program dapat digunakan secara umum, dilakukan pengujian menggunakan 1 fitur pada portal internal PT.Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai studi kasus. Portal internal Telkom memiliki beberapa fitur yang digunakan untuk menjalankan operasional HR. Fitur-fitur yang ada dipilih melalui proses perhitungan nilai resiko dengan melakukan penilaian resiko. Uji coba dilakukan dengan menyesuaikan possible test yang ada pada audit program menjadi actual test.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utomo, B. S. W., Raharjana, I. K., & Hariyanti, E. (2015). Penyusunan Audit Program untuk Pengendalian Aplikasi Modul Human Resources pada Sistem Terintegrasi. MULTINETICS, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1026

References

  1. Bellino, C., & Hunt, S. (2007). Auditing Application Controls. Florida: The Institute Internal Auditors.
  2. Isa, I. (2012). Evaluasi Pengontrolan Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  3. Setyawan, C. A. (2009). Audit Sistem Informasi Terkomputerisasi Atas Pengendalian Aplikasi Sistem Pembelian Indra Optik. Skripsi, Petra Christian University.
  4. Weber, R. (1999). Information Systems Control and Audit. New Jersey: Prentice-Hall.
  5. Davis, C., Schiller, M., & Wheeler, K. (2011). IT Auditing: Using Controls to Protect Information Assets. McGraw Hill.
  6. Van Dijk, N. (2009). Provisioning and Deprovisioning Services in Identity Federations.