Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pada Siswa-Siswi SMK Hasyim Asy’ari Bojong, Kabupaten Tegal

Penulis

  • Nurul Mahmudah Politeknik Harapan Bersama
  • Ghea Dwi Rahmadiane Politeknik Harapan Bersama
  • Yusri Anis Faidah Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i1.5377

Kata Kunci:

Pemahaman Penerapan, Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa

Abstrak

Tujuan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa-siswi mampu melakukan pemahaman mengenai Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Pada Siswa-Siswi SMK Hasyim Asy’ari Bojong Kabupaten Tegal. Siswa-siswi mampu memahami pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa secara mendalam agar nantinya mampu memahami secara praktiknya setiap permasalahan yang ada di desa dengan mudah. Pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh siswa-siswi kelas 12 jurusan akuntansi SMK Hasyim Asy’ari Bojong Kabupaten Tegal. Jarak tempuh kampus dengan sekolah lebih kurang sekitr 37,9 km dengan menggunakan transportasi mobil. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya ada metode ceramah, metode diskusi, metode tutorial dalam penyampaiannya, selain itu juga tim melakukan survai langsung ke lokasi SMK Hasyim Asy’ari Bojong Kabupaten Tegal untuk pengumpulan data awal. Tim juga melakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah dalam rangka mencari permasalahan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini siswa-siswi mampu memahami baik secara pemahaman teori maupun yang ada di lapangan (Desa) tentang pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa yang diperoleh dari hasil diskusi dan Tanya jawab.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Syafii, Ahmad. Kismartini. 2020. DESA DALAM MENGELOLA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) UNTUK PEMBANGUNAN. Journal Of Public Policy And Management Review Vol. 9 Nomor 4.

Herlianto, Didit. 2017. Manajemen Keuangan Desa (Berbasis pada Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa). Gosyen Publishing: Yogyakarta.

Sucahyo, Heru. 2019. Pengelolaan APBDes dengan Sistem Keuangan Desadi Kabupaten Malang Jawa Timur. KARTA RAHARJA 1(1) (2019): 33 – 46 KARTA RAHARJA.

Sujarweni, V. Wiratna .2015. Akuntansi Desa. Penerbit Pustaka Baru Press.

Seran, Frederikus A. 2019. PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) TAHUN 2017 (Penelitian Di Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka). Jurnal Poros Politik. Vol 1 No. 3

Adisasmita, Rahardjo. 2014. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zalukhu, Rinda Nofotna. 2020. Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Di Desa Lauru I Afulu Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014

Chabib Soleh., dan Heru Rochmansjah.2015. Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.

Permendagri No. 20 Tahun 2018

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Mahmudah, Nurul, Ghea Dwi Rahmadiane, dan Yusri Anis Faidah. “Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Pada Siswa-Siswi SMK Hasyim Asy’ari Bojong, Kabupaten Tegal”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (April 30, 2023): 301–305. Diakses Juni 15, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/5377.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |