TATA KELOLA KERAPIAN KAMAR MELALUI KONSEP KONMARI DAN MINIMALIS DI PONPES MIFTAHUL MUBTADIIN KREMPYANG NGANJUK

Authors

  • M. Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam, Krempyang, Nganjuk, Jawa Timur
  • Juni Iswanto Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro, Kramat, Nganjuk, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i2.5233

Abstract

Pesantren merupakan komunitas yang konsen terhadap pendidikan Islam, di dalamnya terkumpul para santri yang datang dari berbagai daerah, dengan budaya, karakter dan latar belakang yang berbeda pula, mereka berkumpul menjadi satu demi satu tujuan bersama, yaitu memperdalam ilmu agama. Pembelajaran yang diterapkan di pesantren berlaku selama dua puluh empat jam di bawah pengawasan pengasuh atau kiai. Mereka bercampur baur menjadi satu melakukan semua aktivitasnya dalam satu peraturan ketat di bawah kendali pengasuh dan juga pengurus pesantren. Dari latar belakang yang beragam itu pula, kemudian banyak pameo berkembang di pesantren. Kehidupan para santri dikenal kolot, kumuh, gudikan, lingkungan yang kurang bersih dan permasalahan sosial lingkungan lainnya. Maka perlu sebuah konsep yang baik sebagai pendamping bagaimana agar gaya hidup para santri dapat berjalan dengan praktis, bersih, tertib dan rapi dengan segala kesederhanaan nya. Diharapkan semua dapat terealisasikan bahkan di area terdekat mereka, yaitu kamar dan kotak baju dan buku masing-masing santri. Metode KonMari mengajarkan tentang cara berbenah yang ampuh dengan membersihkan sekaligus bukannya sedikit demi sedikit dan dilakukan sesuai dengan kategori benda, mengajarkan untuk tidak membiasakan menimbun barang-barang yang sudah tidak digunakan, hingga cara menyusun pakaian yang benar dan masih banyak lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga Studi Kasus Pelaksanaan KKN ke-61 di Dusun Ngreco Surocolo, Selohardjo, Pundong, Bantul tahun Akademik 2007. Aplikasia, VIII(2), 104–113.

Kesuma, G. C. (2017). Pesantren Dan Kepemimpinan Kyai. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 99–117. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1308

Machfutra, E. D., Noor, A., Luxiarti, R., & Mutmainah, N. F. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Santri Putri Pesantren X Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21, 236–246.

Sagala, S. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 205–225.

Salahudin, N., Safriani, A., Ansori, M., Eni, P., Hanafi, M., Naily, N., Zubaidi, A. N., Safriani, R., Umam, M. H., Ilahi, W., Taufiq, A., & Swasono, E. P. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sutini, Indayati, T., Hasan, A., & Chasanah, U. (2020). Modul Pelatihan Pembelajaran berbasis Literasi dengan Pendekatan ABCD. In Inovasi (pp. 1–45).

Wahyuni, R., Nugraha, N. D., Sn, S., & Sn, M. (2020). Perancangan Media Edukasi Untuk Mengenalkan Kebiasaan Merapikan Barang Pada Anak Sejak Dini Berdasarkan Metode Konmari Oleh Marie Kondo Designing Of Education Media To Introduce The Habit Of Tidying Up Goods In Children Early Based on the KonMari ’ s Meth. 7(2), 1999–2006.

Published

2022-12-31

How to Cite

M. Yusuf, and Juni Iswanto. “TATA KELOLA KERAPIAN KAMAR MELALUI KONSEP KONMARI DAN MINIMALIS DI PONPES MIFTAHUL MUBTADIIN KREMPYANG NGANJUK”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 (December 31, 2022): 277–285. Accessed January 29, 2023. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/mak/article/view/5233.