DIVERSIFIKASI PRODUK SUSU KAMBING UKM FATABAR FARM DENGAN OPTIMASI MESIN PASTEURISASI DAN WEB HYBRID

Authors

  • Aisyatul Karima Politeknik Negeri Semarang
  • Ragil Tri Indrawati Politeknik Negeri Jakarta
  • Kuwat Santoso Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4559

Abstract

In order to maintain their business and increase sales turnover during the Covid-19 pandemic, the small enterprise has various methods. UKM Fatabar Farm which is in a goat farming field, located in Timongo village, Grobogan Regency, Central Java. The problem with UKM Fatabar Farm is the production and marketing process still conventional. Purchasing orders has been decreased because depends on local community networking only. Those all become the obstacle factors in the production and marketing process. Therefore, the purpose of Politeknik Negeri Semarang’s team in this activity is to provide a product diversification solution in the production process. It is about pasteurization machine manufacturing process and training to use that machine to increase the amount and product quality. Otherwise, in the marketing process, we proposed designing a hybrid web-based digital marketing application that is integrated with social media as digital marketing. Those processes consist of designing an inventory application for reseller agents in order to look for the available product stock and accompany the permit application process from the relevant agencies. The methods in this research consist of (1) identification of user requirements, (2) design process, (3) system development, (4) operational assistance, and (5) technology implementation for UKM Fatabar Farm. The results of this program include: (1) the implementation of appropriate
technology which is one unit pasteurization machine with a capacity of 25 liters/process (2) the availability of a hybrid web-based marketing application. Therefore, with this community partnership program, it is hoped to improve the economic level and welfare of the UKM in the new normal economy. 

Keywords— web hybrid application, reseller inventory application, diversification, digital marketing, pasteurization machine

Abstrak

Berbagai terobosan dan cara banyak dilakukan oleh para pelaku UKM untuk menjaga kelangsungan usahanya dan meningkatkan omset penjualan di masa pandemi Covid19. Tidak terkecuali dirasakan oleh UKM Fatabar Farm yang bergerak di bidang peternakan kambing yang terletak di Dusun Timongo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Kondisi nyata tengah dirasakan oleh UKM Fatabar Farm ini dari segi produksi dan pemasaran seperti pengelolaan UKM yang masih konvensional, alat-alat masih menggunakan tradisional, turunnya daya beli masayarakat dan proses pemasaran yang masih terbatas yang hanya mengandalkan networking komunitas lokal. Semua hal ini menjadi penghambat dalam proses produksi dan membuat produktivitas UKM ini rendah. Adapun tujuan kegiatan pengabdian dari tim Politeknik Negeri Semarang ini untuk memberikan solusi diversifikasi produk dalam aspek produksi yaitu pembuatan alat bantu berupa mesin pasteurisasi serta pendampingan penggunaan mesin tersebut
untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produk. Selain itu, dalam aspek pemasaran diusulkan perancangan aplikasi pemasaran digital berbasis web hybrid yang terintegrasi dengan media sosial sebagai media pemasaran digital, merancang aplikasi inventory bagi agen reseller untuk mengetahui stok produk yang tersedia, mendampingi proses pengajuan ijin dari instansi terkait. Metode dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi (1) identifikasi kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan system, (4) pendampingan operasional dan (5) implementasi teknologi kepada UKM Fatabar Farm. Hasil program PKM ini meliputi: (1) penerapan teknologi tepat guna berupa 1unit mesin mesin pasteurisasi dengan kapasitas 25 Liter/Proses dan dimensi (115 x 75 x 160) cm, (2) tersedianya aplikasi pemasaran digital berbasis web hybrid. Sehingga, dengan adanya program kemitraan masyarakat UKM diharapkan mampu meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan masyarakat UKM di tengah new normal economy.

Kata kunci— aplikasi web hybrid, aplikasi inventory reseller, diversifikasi, pemasaran digital, mesin pasteurisas

References

Alfeno, S., & Tiana, W. I. 2018. Aplikasi Mobile Commerce (M-Commerce) Berbasis Android Hybrid. Journal

CERITA, 4(2), 169–179. https://doi.org/10.33050/cerita.v4i2.640

Hanum, L., Sari, R. I. K., Hendriani, R., & ... 2021. Pelatihan Aplikasi Sarana Pemasaran Online Imooji Untuk Mitra

Produk Gusereen di Masa Pandemi Covid-19. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah …, 7(November), 201–208. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jagrokreatif/article/view/33765%0Ahttp s://journal.ipb.ac.id/index.php/jagrokreatif/article/download/33765/225 23

Mirandy, M., Sirat, P., Hartono, M., Santosa, P. E., & Ermawati, R. 2021. Penyuluhan Manajemen Kesehatan ,

Reproduksi , Sanitasi Kandang , dan Pengobatan Massal Ternak Kambing (Extension of Health Management ,

Reproduction , Pen Sanitation , and Mass Medicine for Goats ). 7(November), 303–313.

Permana, Y. 2016. Ini Dia Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid atau Web. Codepolitan.

Prasetyo, M. S., Akbar, A., & Istiqlaliyah, H. 2020. Analisa Heat Transfer Alat Pasteurisasi Susu. Jurnal

Mesin Nusantara, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.29407/jmn.v3i1.1421 7

Ramadhan, A. 2020. Menristek Sebut Pandemi Covid-19 Akan Ciptakan “Less Contact Society.” Kompas.

Rosmadi, M. L. N. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid19 Journal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4

No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRAITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Rulia Puji Hastanti, Bambang Eka Purnama, I. U. W. 2015. Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce

) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Bianglala Informatika, 3(2), 1–9.

Sumanto. 2016. Diversifikasi produk pengolahan susu guna meningkatkan keuntungan usaha kambing perah.

Wartazoa, 26(4), 173–182.

Susanti, R., Yuniastuti, A., & Setiati, N. 2018. Pengembangan Olahan Hasil Ternak Melalui Diversifikasi Produk

Berbahan Dasar Susu Di Kelurahan Cepoko Gunungpati Semarang. Rekayasa, 15(1), 11–16. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v15i1 .12561

Wantiknas. 2020. Less Physical Contact Economy. Wantiknas, 14.

Wasiati, H., & Faizal, E. 2018. Peternakan Kambing Peranakan Etawa Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2 242

Downloads

Published

2022-06-30