PEMANFATAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI KAMPUNG KUE SURABAYA

Authors

  • Prismahardi Aji Riyantoko UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Tresna Maulana Fahrudin UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Ilmatus Sa'diyah UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Nine Alvariqati Varqa Ansori UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Primus Akbar Atnanda UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Ryan Badai Alamsyah UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4529

Abstract

The evolution of information technology in Industrial 4.0 and Society 5.0 makes people have to divert buying and selling activities using digital media. A cake cluster (kampung kue) in Surabaya needs a media or application based on information technology for making catalogs that can be published through social media. We offer a solution to make it easier for the sellers by using the Canva Application as a medium for cataloging and marketing the cake through many social media to attract buyers and customers. In carrying out the promotion, it is necessary to prepare the best promote the Indonesian Language, hence we also give the participant to improve the promotion skills. The other result of our training and mentoring approach during community service is a training module publication. This module provides participants with how to use the Canva Application and promotional language. Therefore, marketing and selecting strategies are the main keys in the business of the digital era. Utilizing information technology and social media has proven to have a very positive impact on increasing sales effects.

Keywords: Catalog, Canva, Kampung Kue, Promotion Language

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi di era Industri 4.0 dan Society 5.0 menjadikan masyarakat harus mengalihkan kegiatan jual beli melalui media digital. Salah satu komunitas di Kota Surabaya yaitu Kampung Kue membutuhkan media pembuatan katalog yang bisa dipublikasikan melalui media sosial. Solusi yang bisa kami tawarkan untuk memudahkan Ibu-Ibu penjual kue adalah dengan memanfaatkan aplikasi canva sebagai media pembuatan katalog dan memasarkan hasil katalognya melalui banyak media sosial untuk menarik pembeli dan pelanggan. Dalam melakuakan promosi dibutuhkan penyusunan Bahasa Indonesia yang baik, benar dan tepat, agar kualitas promosinya lebih baik, sehingga kami juga melatih keterampilan Ibu-Ibu di Kampung Kue dengan memberikan keterampilan promosi. Kegiatan ini menghasilkan ketertarikan Ibu-Ibu untuk memanfaatkan aplikasi canva sebesar 80% dari total jumlah peserta yang hadir selama dua hari. Salah satu hasil yang diberikan dari pelatihan dan pendampingan ini adalah modul pelatihan. Modul ini memberikan tata cara penggunaan aplikasi canva dan Bahasa promosi kepada pengusaha kue. Oleh karena itu, memasarkan dan pemilihan strategi serta media sosial menjadi kunci utama dalam usaha di era digital ini. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial terbukti sangat berdampak positif dalam meningkatkan hasil penjualan.

Kata kunci: Katalog, Canva, Kampung Kue, Bahasa Promosi

 

References

J. Pos, “40 Ribu UMKM di Surabaya Digadang-gadang jadi motor ekonomi warga.,” Jawa Pos TV, 2019. .

K. K. Surabaya, “Tentang Kampung Kue Surabaya,” https://kampungkuesby.com/tentang-kami, 2022. .

R. E. Tanjung and D. Faiza, “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 79, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104261.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

A. Poerna Wardhanie, F. Fahminnansih, and E. Rahmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan,” Society, vol. 2, no. 2, pp. 51–58, 2021, doi: 10.37802/society.v2i1.170.

D. Misbahudin, C. Rochman, D. Nasrudin, and I. Solihati, “PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: EFEKTIFKAH?,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., vol. 3, p. 43, Feb. 2018, doi: 10.17509/wapfi.v3i1.10939.

U. Khair, “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 2, p. 81, Jul. 2018, doi: 10.29240/jpd.v2i1.261.

Y. Agustin, H. Hilaliyah, and S. Yunus, “PENGGUNAAN BAHASA IKLAN PADA PAPAN REKLAME (STUDI SURVEI SEPANJANG KAMPUNG RAMBUTAN SAMPAI DENGAN LEBAK BULUS),” Pujangga, vol. 1, p. 12, Nov. 2017, doi: 10.47313/pujangga.v1i2.318.

Downloads

Published

2022-06-30