PENGEMBANGAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN BONTOT DAN KERUPUK IKAN PAYUS OLEH-OLEH KHAS SERANG-BANTEN PRODUKSI UKM MUTIARA DOMAS BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENGATASI DAMPAK COVID-19

Authors

  • yana yusyama Teknik Mesin PNJ

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i2.4173

Abstract

Wabah Covid-19 telah banyak menjatuhkan UMKM, namun hal tersebut jangan sampai menimpa UMKM Mutiara Domas milik Ibu Muniroh. Usaha rumahan Mutiara Domas memproduksi Bontot dan Kerupuk Ikan Payus yang diolah manjadi makanan ciri khas Banten, karena bontot dan kerupuk ikan payus hanya bisa dijumpai di Domas, Pontang Kabupaten Serang saja. Ikan payus merupakan spesies ikan bandeng, atau warga Domas menyebutnya sebagai Ikan Bandeng Lanang. Ikan tersebut berasal dari tambak ikan yang terdapat di desa Domas. Karena keberadaan ikan payus yang melimpah, namun pemasaran kurang (karena tekstur daging tipis), maka dari itu ikan payus dijadikan bahan baku olahan makanan. Pelaksanaan pengabdian telah dilaksanak, UMKM Mutiara Domas telah memiliki alat tambahan untuk produksi makanan olahan bontot dan ikan payus. Selain itu pelatihan untuk marketing online telah dilakukan, dan kemasan untuk kerupuk ikan payus telah dibuatkan. Dengan masih adanya pandemi Covid-19 diharapkan tidak terlalu berdampak bagi UMKM Mutiara Domas, dan tim dosen masih berkomunikasi dengan pemilik UMKM Mutiara Domas, berkoordinasi tentang progres penjualan. Adapun luaran dari kegiatan pengabdianpengabdian artikel di jurnal akreditasi, media massa, dan video kegiatan.
Kata Kunci: Bontot kerupuk Ikan Payus, UKM Mutiara Domas, Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku Panduan UP2M edisi 1. 2021

https://id.m.wikipedia.org/wiki/domas,_pontang,_Serang

https://www.lensabanten.com/kuliner-banten/bontot-ikan-payus/

https://www.biem.co/read/2017/08/16/2810/resep-bontot-pontang/

Suharto, M. 2017. Pelatihan Pengelolaan Website Toko Online Bagi UKM di Kawasan Pasar Tradisional Klewer Surakarta Sebagai Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Demandia,Vol. 2No. 2

Jauhari, J. 2019. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan enengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal unsri.ac.id/9275/

Slamet, R. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/319/266

Budiman, D.F. 2020. Pelatihan Internet Market Place Bagi Pengrajin Tenun Songket Desa Sukerare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. Jurnal Pepadu. Vol. 1 No. 1, Januari 2020

Published

2021-12-15

How to Cite

yusyama, yana. “PENGEMBANGAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN BONTOT DAN KERUPUK IKAN PAYUS OLEH-OLEH KHAS SERANG-BANTEN PRODUKSI UKM MUTIARA DOMAS BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENGATASI DAMPAK COVID-19”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 (December 15, 2021): 271–276. Accessed January 29, 2023. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/mak/article/view/4173.