PEMANFAATAN ALAT UKUR INDEKS MASSA TUBUH BERBASIS ANDROID UNTUK EVALUASI GIZI BALITA

Authors

  • Shita Fitria Nurjihan

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4168

Abstract

Kader posyandu mempunyai tugas memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita. Saat ini, para kader Posyandu Anyelir di Kelurahan Pancoran Mas Depok mempunyai permasalahan penting terkait dengan mutu layanan yaitu dalam kegiatan pemantauan kualitas gizi balita seperti pengukuran massa tubuh dan tinggi badan. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap dan masih manual menggunakan timbangan yang digantungkan dengan kain atau timbangan konvesional dan alat meteran secara manual untuk mengukur tinggi badan. Dengan adanya dua alat yang berbeda, maka proses kedua pengukuran ini memerlukan dua tahap pengukuran yaitu menimbang massa tubuh dan kemudian mengukur tinggi badan. Hal ini menyebabkan proses pengukuran memerlukan waktu yang lebih lama, terlebih lagi jumlah balita di Posyandu Anyelir cukup banyak yaitu ±426 balita. Oleh karena itu tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Telekomunikasi memberikan solusi sebuah alat pengukur massa tubuh dan tinggi badan yang terintegrasi dengan aplikasi android untuk mengevaluasi gizi balita. Dengan menggunakan alat ini maka kegiatan pemantauan kualitas gizi balita dapat lebih efektif dan hasil evaluasi gizi balita tercatat secara otomatis pada aplikasi android sehingga mempermudah dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kader posyandu kepada masyarakat.

References

Kementrian Kesehatan RI. 2016. “Buku Saku Posyandu, Pusat Promosi Kesehatan. Kelurahan Pancoran Mas, 2016”. Daftar kependudukan.

Departemen Kesehatan. 2011. Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Badan Pusat Statistik Kota Depok, 2019.

Putra Adipujatama, Bisma. 2019. “Kecamatan Pancoran Mas Dalam Angka 2019”, ISSN: 2597-8527, BPS Kota Depok.

Sandy Tri Wahyu, Susijanto Tri Rasmana, Yosefine Triwidyastuti. 2017. “Rancang Bangun Sistem Otomatis Pemantau Pertumbuhan balita Berbasis Mikrokontoler”. Journal of Control and Network Systems, Jcones Vol. 6, No.2 (2017), page 50-60.

Akbar, W.A. dan Rachmat, H.H. 2018. “Rancang Bangun Sistem Pengukur Massa Tubuh dan Panjang Badan Elektronik Terintegrasi untuk Evaluasi Gizi Balita”. Jurnal Teknik Telekomunikasi Vol.6, No.1.

Wahyudi, B. Deny, J. A. dan Muhammad, U. N. 2021. "Analisis Data Berat Badan dan Panjang Bayi dengan Alat Ukur Panjang dan Berat Badan Bayi Berbasis Arduino". Sistem Informasi Jurnal Ilmiah USM.

Cahyono, T. H. A. dan Eko, A.S. 2018. "Alat Ukur Berat Badan, Tinggi Badan Dan Suhu Badan Di Posyandu Berbasis Android". Electronics, Informatics, and Vocational Education.

Vonnete, M. M. L. Ali, W. Andreas, C. L. 2018. “Sistem Pengukuran Indeks Massa Tubuh Menggunakan Sensor Jarak Infra Merah Dan Load Cell”. Jurnal Fisika: Fisika Sains dan Aplikasinya.

Downloads

Published

2022-06-30