Pelatihan Kewirausahaan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga, Pembuatan Susu Kedelai, Sari Kacang Hijau dan Brownis

Penulis

  • Heri Abrianto Politeknik Negeri Jakarta
  • Rodiana Listiawati Politeknik Negeri Jakarta
  • Mia Andika

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2686

Kata Kunci:

Pengabdian, RW02Kalimulya, Pelatihan, Susukedelai, Sari Kacang Hijau, Brownis

Abstrak

Warga RW 02 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong Depok, hingga saat ini masih berupaya untuk dapat terbebas dari masalah ekonomi dalam rumah tangga. Warga yang sebagian besar merupakan buruh bangunan, penggali/pembersih makam, supir dan pedagang, masih menggantungkan pada kaum lelaki sebagai tulang punggung keluarga.  Kondisi  ini semakin diperberat  mengingat  tekanan kebutuhan  ekonomi saat  ini yang kian meningkat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan PNJ, bertujuan membantu mengatasi masalah tersebut, melalui usaha peningkatan potensi Ibu-ibu dalam mengelola keuangan rumah tangga, meningkatkan pendapatan rumah tangga dari hasil penjualan susu kedelai, sari kacang hijau dan brownis. Metode yang digunakan adalah : 1) Ceramah dan diskusi; 2) Praktik pembuatan susu kedelai, sari kacang hijau dan brownis, dan 3) pendampingan awal. Hasil dari kegiatan ini, Ibu-ibu warga RW 02 mampu: 1) merubah pola konsumsi dengan skala prioritas; 2) membuat sendiri susu kedelai, sari kacang hijau dan brownis sebagai sumber pemenuhan gizi keluarga; serta 3) diharapkan mampu menjadikan produk tersebut sebagai salah satu sumber pendapatan keluarga di masa depan. Dengan adanya program pelatihan ini, diharapkan warga RW 02 semakin sejahtera kehidupannya. Untuk kedepannya, Prodi D3 Keuangan dan Perbankan telah berkomitmen akan membantu dalam hal pengemasan dan pemasaran produk hasil olahannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hamzah, A. (2012). Kebijakan penanggulangan kemiskinan dan kelaparan di Indonesia: Realita dan pembelajaran. Jurnal AKK, 1 (1), 1-55.

Rahayu, M.G. A. (2006). Pembangunan perekonomian nasional melalui pemberdayaan masyarakat desa. http://www.infodiknas.com/wp-content/uploads/2014/12/PEMBANGUNAN- PEREKONOMIAN-NASIONAL-MELALUI- PEMBERDAYAAN-MASYARAKAT- DESA.pdf. Diunduh tanggal 25 Mei 2015.

Tampubolon, M. P., Hadi, S., Rifai, A. (2013). Analisis dampak pemberdayaan PPD/K terhadap mindset dan livelihood pemanfaat dana UAE- SP di Kelurahan Umbansari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Repository University of Riau. http://repository.unri.ac.id:80/handle/12345678 9/3612. Diunduh tanggal 25 Mei 2015.

https://www.depok.go.id/statistik.perekonomian- pembangunan

Sudarman, Ari. 1992. Teori Ekonomi Mikro. BPFE UGM. Yogyakarta

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan, panduan bagi mahasiswa untuk mengenal, mamahami, dan memasuki dunia bisnis. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Sunarya, Abas. Sudaryono. Saefullah, Asep. 2011. Kewirausahaan. Yogyakarta : ANDI

Diterbitkan

12-02-2020

Cara Mengutip

Abrianto, Heri, Rodiana Listiawati, dan Mia Andika. “Pelatihan Kewirausahaan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga, Pembuatan Susu Kedelai, Sari Kacang Hijau Dan Brownis”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Februari 12, 2020). Diakses Mei 21, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/mak/article/view/2686.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama