Karakteristik Sifat Mekanik pada Pembuatan Komposit Terhadap Performa Kampas Rem Non-Asbestos

Authors

  • Fahri Marentiko Politeknik Negeri Jakarta
  • Dhiya Luqyana Politeknik Negeri Jakarta
  • Vika Rizkia Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Muslimin Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/jmt.v5i3.7098

Keywords:

eco friendly, factorial design, SNI 09-0143-1987

Abstract

Pengembangan komposit dalam menemukan aplikasi baru untuk memperkuat komposit yang berasal dari serat alami. Serat alami muncul sebagai material terkemuka sebagai variasi dan pengganti yang jumlahnya masih berlimpah. Pemanfaatan komposit dari serat alami umumnya digunakan untuk penelitian dikarenakan eco-friendly dan mudah digunakan untuk berbagai aplikasi. Pengembangan komposit dapat diaplikasikan untuk pembuatan kampas rem. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain of experimental. Desain of experimental yang digunakan yaitu factorial design untuk mendapatkan parameter yang akan digunakan dalam pembuatan sampel spesimen kampas rem. Penelitian ini menggunakan serbuk kayu jati, serbuk aluminium oksida, serbuk arang batok kelapa, dan resin epoxy yang ditekan menggunakan mesin compression molding. Tahapan selanjutnya melakukan pengujian sifat mekanik yaitu koefisien gesek di laboratorium otomotif B4T Bandung. Hasil pengujian pada temperatur drum 100°C nilai koefisien gesek tertinggi sampel F sebesar 0,54 N/mm3. Sedangkan nilai koefisien gesek terendah terendah sampel G sebesar 0,45 N/mm3. Pada temperatur drum 150°C nilai koefisien gesek tertinggi sampel B dan F sebesar 0,33 N/mm3, sedangkan nilai koefisien gesek terendah terendah sampel C sebesar 0,21 N/mm3. Pada temperatur drum 200°C nilai koefisien gesek tertinggi sampel F sebesar 0,17 N/mm3, sedangkan nilai koefisien gesek terendah terendah sampel C sebesar 0,09 N/mm3.

References

1. R. H. M. Muslimin, D. Luqyana, B. Pambudi, and A. Milah Muhamad, Design Analysis of Mold Cavity and Core on Compression Molding of Composite Material, vol. 21, no. 2, pp. (2023).

2. M. K. Egbo, A fundamental review on composite materials and some of their applications in biomedical engineering, (2021).

3. I. Elfaleh et al., A comprehensive review of natural fibers and their composites: An eco-friendly alternative to conventional materials, (2023).

4. J. O. Dirisu et al., Development of eco-friendly brake pads using industrial and agro-waste materials, vol. 71, no. 1, (2024).

5. A. Y. Tripariyanto, L. D. Indrasari, S. V. Widodo, and A. Komari, Disc Brake Type of Braking System on Rear Shaft of Go-kart Daiho 7.5 HP, (2020).

6. T. R. Jaafar, A. M. Zaharudin, A. Pahmi, R. Kasiran, and E. Abu Othman, Effect of Carbon in Brake Friction Materials on Friction Characteristics,vol. 14, pp. 47–59, (2018).

7. Ismet Eka, ANALISA PENGARUH BEBAN PENGEREMAN DAN VARIASI MERK KAMPAS REM TERHADAP KEAUSAN KAMPAS REM, vol. Vol. 3 No.1, (2020).

8. R. S. Juan, C. Kurniawan, J. Marbun, and P. Simamora, Mechanical properties of brake pad composite made from candlenut shell and coconut shell, (2020).

9. D. Rustandi and A. Suhadi, Optimasi Proses Produksi Kawat Untuk Kabel Rem Motor, vol. 9, no. 3, (2019).

10. B. Imam and A. Muttaqin, Telaah Kajian dan Literature Review Design of Experiment (DOE),(2019)

11. J. Alsadi and J. Al Sadi, Designing Experiments: 3 Level Full Factorial Design and Variation of Processing Parameters Methods for Polymer Colors, vol.3 no.5, (2018).

12. A. Roman, G. Vieira Braga Lemos, and A. L. Gasparin, “Friction material wear: Effects and interactions between service brake temperature, lining contact pressure, and vehicle speed, Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, vol. 236, no. 12,(2022).

13. A. Gustiani, A. Zamheri, P, ANALISIS KEAUSAN, KOEFISIEN GESEK DAN KONDUKTIVITAS TERMAL KAMPAS REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT KULIT KOPI DAN MgO, vol. 5, no. 2, (2024).

14. T. Wilairat, N. Saechin, W. Buggakupta, and P. Sujaridworakun, Effects of hot molding parameters on physical and mechanical properties of brake pads, (2019).

15. S. Sumiyanto, A. Abdunnaser, and A. N. Fajri, Analisa Pengujian Gesek, Aus Dan Lentur Pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor, vol. 15, no. 1, p. 49, (2019).

Published

2025-02-15

How to Cite

Marentiko, F., Luqyana, D., Rizkia, V., & Muslimin, M. (2025). Karakteristik Sifat Mekanik pada Pembuatan Komposit Terhadap Performa Kampas Rem Non-Asbestos. Jurnal Mekanik Terapan, 5(3), 160–167. https://doi.org/10.32722/jmt.v5i3.7098

Most read articles by the same author(s)

> >> 

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.