Perancangan Chassis Prototype Mobil Warak dan Simulasi Statik dengan Metode Finite Element Analysis
DOI:
https://doi.org/10.32722/jmt.v3i3.5138Keywords:
Chassis, Finite Element Analisis, SimulationAbstract
Chassis is the most important part of the vehicle. The purpose of the Chassis is to get optimal results between the size of the Chassis and the level of Safety Factor that is qualified in order to support the needs of the prototype "Warak" The chassis is designed using a ladder frame type frame design because this type is simple but sturdy to support the load. Design chassis uses Software Autodesk Inventor 2023 to get optimal results and uses Square Hollow Aluminum 6061 type material. The use of the Frame analysis feature which is equipped with the Finite Element Analysis (FEA) method plays an important role in knowing indications of discrepancies in the prototype that has been designed in the form of VonMises Stress, Displacement, and Safety Factor. After going through the design stage, the overall dimensions of the prototype "Warak” Stress Analysis obtained the maximum stress of Von Mises Stress which occurred in the chassis of 192.408 MPa. While displacement the maximum chassis is 1.7401 mm and the safety factor obtained from the analysis is a minimum of 1.08.
References
M. Alfatih Hendrawan, P. Ilmu Purboputro, M. Aji Saputro, dan W. Setiyadi, “Perancanganchassis Mobil Listrik Prototype ‘Ababil’ dan Simulasi Pembebanan Statik dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016.”
N. Arina Hidayati dkk., “Analisis aerodinamis pada variasi bentuk ekor desain bodi mobil hemat energi,” Jurnal Energi dan Manufaktur, vol. 10, no. 2, hlm. 66–70, 2017, [Daring]. Available: http://ojs.unud.ac.id/index.php/jem
F. Arif Budiman, A. Septiyanto, A. Dwi Nur Indriawan Musyono, R. Setiadi Jurusan Teknik Mesin, F. Teknik, dan U. Negeri Semarang Kampus Unnes Sekaran, “Analisis Tegangan von Mises dan Safety Factor pada Chassis Kendaraan Listrik Tipe In-Wheel,” 2021. [Daring]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/rekayasa
A. Dan Pembuatan, R. Anggara Syinta, H. Suripto Jurusan Teknik Mesin, U. Pasir Pengaraian Jl Tuanku Tambusai, P. Pengairan, dan K. Rokan Hulu, “Chassis Tipe Ladder Frame Mobil Kmhe Urban Concept Menggunakan Metode Simulasi Dan Pahl And Beitz,” 2021.
O. Kurdi, J. Sudarto, J. Tengah, dan J. Barat, “Pemilihan Jenis Pembebanan Statik untuk Analisa Tegangan Heavy Duty Truck Chassis Menggunakan Metode Elemen Hingga,” 2019.
T. Q. Nguyen, “Finite Element Analysis in Automobile Chassis Design,” Applied Mechanics and Materials, vol. 889, hlm. 461–468, Mar 2019, doi: 10.4028/www.scientific.net/amm.889.461.
J. Saddam dan J. manfaat, “Rancang Bangun 3D Konstruksi Kapal Berbasis Autodesk Inventor untuk Menganalisa Berat Konstruksi,” Jurnal Teknik Pomits, vol. 2, hlm. 1–6, 2013.
B. Setyono dkk., “PERANCANGAN DAN ANALISIS KEKUATAN FRAME SEPEDA HIBRID ‘TRISONA’ MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR.”
H. Isworo, A. Ghofur, G. R. Cahyono, dan J. Riadi, “ANALISIS DISSPLACEMENT PADA CHASSIS MOBIL LISTRIK WASAKA,” ELEMEN : JURNAL TEKNIK MESIN, vol. 6, no. 2, hlm. 94, Des 2019, doi: 10.34128/je.v6i2.103.
A. Agarwal and L. Mthembu, “Structural Analysis and Optimization of Heavy Vehicle Chassis Using Aluminium P100/6061 Al and Al GA 7-230 MMC,” Processes, vol. 10, no. 2, Feb. 2022, doi: 10.3390/pr10020320.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Yusuf Wibowo, Indra Maulana, Andi Abdullah Ghyferi, Bima Andi Kurniawan, Miftahun Nuril

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.