Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Seluruh artikel yang disubmit belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau tidak sedang dalam proses review di jurnal lainnya.

  • File yang disubmit dibuat dengan menggunakan text editor seperti OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. Unggah file dalam ekstensi .doc atau .docx dengan maksimum ukuran 2 MB.
  • Penulis wajib menggunakan template yang sudah ditetapkan dalam Jurnal Mekanik Terapan termasuk dalam penulisan referensi. Template dokumen dapat dilihat di sini. Hanya manuscript yang sesuai dengan template yang akan diteruskan kepada reviewer. Penulis setuju untuk menggunakan seluruh sistem online menggunakan OJS dalam seluruh proses submit dan review.
  • Penulis sudah membaca dan memahami Kebijakan Anti Plagiarisme
  • Penulis sudah membaca dan memahami terkait lisensi, hak cipta, dan kebijakan open access pada Jurnal Mekanik Terapan
  • Seluruh artikel yang disubmit akan direview oleh ahli sesuai pada bidangnya dengan mempertimbangkan aspek orisinalitas, kejelasan dalam penyampaian gagasan, dan dampak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Sebagai komitmen dalam proses publikasi cepat, editor akan mengusahakan proses review dilakukan dalam waktu 4 minggu. Jika penulis tidak mendapatkan informasi apapun dalam kurun waktu tersebut, silahkan lakukan kontak kepada editor.

Panduan Umum Penulis

  1. Seluruh artikel yang disubmit belum pernah dipublikasikan sebelumnya, atau tidak sedang dalam proses review di jurnal lainnya.
  2. File yang disubmit dibuat dengan menggunakan text editor seperti OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. Unggah file dalam ekstensi .doc atau .docx dengan maksimum ukuran 2 MB.
  3. Penulis wajib menggunakan template yang sudah ditetapkan dalam Jurnal Mekanik Terapan termasuk dalam penulisan referensi. Template dokumen dapat dilihat di sini. Hanya manuscript yang sesuai dengan template yang akan diteruskan kepada reviewer. Penulis setuju untuk menggunakan seluruh sistem online menggunakan OJS dalam seluruh proses submit dan review.
  4. Seluruh artikel yang disubmit akan direview oleh ahli sesuai pada bidangnya dengan mempertimbangkan aspek orisinalitas, kejelasan dalam penyampaian gagasan, dan dampak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Sebagai komitmen dalam proses publikasi cepat, editor akan mengusahakan proses review dilakukan dalam waktu 4 minggu. Jika penulis tidak mendapatkan informasi apapun dalam kurun waktu tersebut, silahkan lakukan kontak kepada editor.

Struktur dari Manuscript

  1. Judul. Judul harus pendek, jelas, dan informatif, tetapi tidak melebihi 3 baris. Judul harus tepat dengan masalah yang dibahas. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak umum. Ide utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti dengan penjelasannya.
  2. Nama Penulis dan Institusi. Nama penulis harus disertai dengan institusi penulis, alamat institusi, dan alamat email (khusus corresponding author), tanpa gelar akademis dan jabatan.
  3. Abstrak. Abstrak ditulis dalam satu paragraf maksimal sekitar 200 kata dan minimal 75 kata. Untuk artikel penelitian, abstrak harus memberikan gambaran yang relevan tentang pekerjaan tersebut. Kami sangat mendorong penulis untuk menggunakan gaya abstrak terstruktur berikut, tetapi tanpa judul: (1) Latar Belakang: Tempatkan pertanyaan yang dibahas dalam konteks yang luas dan soroti tujuan penelitian; (2) Tujuan Studi: Mengidentifikasi maksud dan tujuan studi; (3) Metode: Jelaskan secara singkat metode utama atau kerangka teori yang diterapkan; (4) Hasil: Meringkas temuan utama artikel; dan (5) Kesimpulan: Menunjukkan kesimpulan atau interpretasi utama.
  4. Kata-kata kunci/Keywords. Buat daftar tiga hingga lima kata kunci terkait yang spesifik untuk artikel tersebut; namun cukup umum dalam disiplin subjek.
  5. Pendahuluan. Pendahuluan harus secara singkat menempatkan studi dalam konteks yang luas dan menyoroti mengapa itu penting. Pendahuluan harus menjelaskan tujuan penelitian dan signifikansinya. Keadaan saat ini dari bidang penelitian harus ditinjau dengan hati-hati, dan publikasi utama dikutip. Harap soroti hipotesis yang kontroversial dan berbeda jika perlu. Terakhir, sebutkan secara singkat tujuan utama penelitian dan soroti kesimpulan utama. Sedapat mungkin, mohon agar pendahuluan dapat dipahami oleh para ilmuwan di luar bidang penelitian Anda. Referensi harus dikutip sebagai [1] atau [1-5]. Lihat bagian akhir dokumen untuk rincian lebih lanjut tentang referensi. Istilah teknis harus didefinisikan. Simbol, singkatan, dan akronim harus ditentukan saat pertama kali digunakan. Semua tabel dan gambar harus dikutip dalam urutan numerik. Metode penelitian harus dimasukkan dalam Pendahuluan. Metode penelitian berisi penjelasan tentang pendekatan penelitian, subjek penelitian, pelaksanaan prosedur penelitian, penggunaan bahan dan instrumen, pengumpulan data, dan teknik analisis.
  6. Metode. Penjelasan terkait metode yang digunakan dalam penelitian. Sangat tidak disarankan untuk menampilkan flow chart/diagram alir penelitian, cukup dijelaskan menggunakan paragraf. Jelaskan juga terkait kondisi pengambilan data dan besaran fisis apa yang akan diukur atau didapat dari hasil penelitian.
  7. Hasil dan Pembahasan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut harus didukung dengan data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuannya haruslah merupakan jawaban, atau hipotesis penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya pada bagian pendahuluan.

    Pembahasan: Diskusi disorot melalui judul dan sub judul bagian jika diperlukan
    Penulis harus mendiskusikan hasil dan bagaimana hasil tersebut dapat diinterpretasikan dari perspektif penelitian sebelumnya dan hipotesis kerja. Temuan dan implikasinya harus didiskusikan dalam konteks seluas mungkin. Arah penelitian di masa depan juga dapat disorot. Komponen berikut harus tercakup dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa / bagaimana)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan oleh simpatisan lain (apa lagi)? Atau apakah ada perbedaan?

  8. Kesimpulan. Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Ucapan penutup hendaknya tidak hanya berupa pengulangan hasil dan pembahasan atau abstrak. Anda juga harus menyarankan penelitian di masa mendatang dan menunjukkan penelitian yang sedang berlangsung.
  9. Ucapan Terima Kasih. Di bagian ini, Anda dapat mengetahui dukungan apa pun yang diberikan, yang tidak tercakup dalam bagian kontribusi atau pendanaan penulis. Ini mungkin termasuk dukungan administratif dan teknis, atau sumbangan dalam bentuk natura (misalnya, bahan yang digunakan untuk eksperimen). Ucapan terima kasih tidak diberikan kepada penulis lainnya yang masuk  ke dalam co-author. Ucapan terima kasih hanya bersifat opsional tidak harus dicantumkan jika tidak ada.
  10. Referensi. Bagian referensi dituliskan pada bagian akhir makalah. Penulisan referensi dilakukan dengan menggunakan template style: Referensi. Berikut adalah contoh penulisan referensi, Anda dapat menggunakan software Mendeley style Jurnal of Fusion Energi.