PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL UNTUK RISTIANT CATERING

Authors

  • Alvianty Djunaedi Politeknik Negeri Jakarta
  • Anggi Anggarini
  • Rachmah Nanda Kartika

Keywords:

design thinking, desain grafis, Desain grafis, Promotion, Media Promosi, media promosi

Abstract

Bisnis katering mengalami peningkatan pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan makanan cepat saji dalam skala besar untuk suatu kegiatan atau acara. Hal ini membuat pengusaha katering perlu memikirkan strategi pemasaran untuk menggait lebih banyak target. Salah satu bisnis katering di wilayah Sidoarjo adalah Ristiant Catering yang saat ini kesulitan menjelaskan menunya ke konsumen dan pasif dalam berpromosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan perancangan marketing collateral. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan design thinking yang terdiri dari tahap empathize (riset data), define (analisis data), ideate (proses desain), prototype (pembuatan dummy), dan test (uji coba produk). Hasil temuan pada penelitian ini berupa pembuatan beberapa media yang disesuaikan dengan kebutuhan brand dan perangkat promosi dan mengonversikan data ke dalam bentuk visual yang sesuai pesan yang ingin disampaikan Ristiant Catering. Konsep visual yang dihasilkan menekankan kata rumahan yang menggambarkan produk Ristiant Catering adalah hidangan khas rumahan. Dapat disimpulkan perancangan marketing collateral dengan pendekatan design thinking sangat memudahkan perancang untuk memberi solusi terhadap permasalahan klien. Dengan begitu, Ristiant Catering dapat menyampaikan identitas barunya kepada audience dan diharapkan semakin gencar mempromosikan brandnya.

Kata kunci: design thinking, marketing collateral, promosi, katalog

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Djunaedi, A., Anggarini, A., & Kartika, R. N. (2024). PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL UNTUK RISTIANT CATERING. Jurnal Katamata, 2(1), 47–55. Retrieved from https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/jkm/article/view/7222