PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BAHASA ARAB DI SDIT AMAL

Authors

  • Muhammad Ahnaf Amaanullah Prodi Desain Grafis, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nabila Fajrina
  • Fitri Nur Ardiantika

Abstract

Pelajaran Bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang penting dalam sebuah sekolah dasar Islam terpadu. Dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Amal Mulia terdapat kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Faktor kesulitan yang dihadapi adalah kurangnya daya ingat siswa terhadap kosakata Bahasa Arab dan kurangnya fokus siswa dalam kelas yang disebabkan media pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Dengan hal ini faktor-faktor tersebut perlu diatasi dengan penggunaan media pembelajaran baru yang lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Media flashcard memiliki dua sisi yang dapat diisi dengan gambar dan informasi terkait hal yang ingin disampaikan. Hal ini akan memudahkan proses pembelajaran dengan menarik perhatian dan meningkatkan tingkat interaktifitas siswa. Maka dari itu diperlukan sebuah perancangan flashcard sebagai media pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Amal Mulia untuk mengatasi kesulitan siswa selama proses pembelajaran. Metode penelitian dalam perancangan dilakukan dengan metode kualitatif yaitu wawancara dan observasi. Data yang didapat akan dianalisis dan dijadikan panduan dalam perancangan. Dari data yang telah dianalisis dihasilkan flashcard yang sesuai untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Amaanullah, M. A., Fajrina, N., & Ardiantika, F. N. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BAHASA ARAB DI SDIT AMAL. Jurnal Katamata, 2(1), 27–35. Retrieved from https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/jkm/article/view/7220