Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

Judul Naskah [Times New Roman, Ukuran 18, Indonesia][Bold]

 

The Title Of Document [Times New Roman, Font 18, English][Bold]

 

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, Penulis ke-nn [Calibri 12 pt][Bold][tanpa gelar]

1Institusi dan alamat Penulis Pertama [Times New Roman 11 pt]

2Institusi dan alamat Penulis Kedua

nInstitusi dan alamat Penulis ke-n

 

 

Abstract

Abstract written in one paragraph with the size 11 Times New Roman letters printed normally within one space. Abstract writing includes research objectives, research methods, and research findings. Abstract is written as much as 150-250 words.

Keywords :  consist of 3-5 words, separated by comma, written in italic

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan huruf Tiimes New ukuran 11 dicetak normal berjarak satu spasi. Penulisan abstrak memuat tujuan penelitian, metode penelitian, dan temuan penelitian. Abstrak dituliskan sepanjang 150 – 250 kata.

Kata Kunci : terdiri dari 3 - 5 kata, dipisah dengan tanda koma

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi tunggal. Hal yang ditulis dalam bagian pendahuluan adalah latar belakang (termasuk alasan mengapa penelitian ini penting dilakukan), rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis (jika ada), dan tinjauan pustaka (teori/konsep yang digunakan dan hasil penelitian terdahulu). Semua hal tersebut tidak perlu dibagi dalam subbab.

Teknik pengutipan harus menyesuaikan ketentuan Jurnal Komunikasi dan Media, yaitu menggunakan gaya pengutipan APA. Penulis disarankan menggunakan aplikasi pengutipan seperti Mendeley, EndNote, Refwork, dan sebagainya. Penulisan kutipan dalam naskah menggunakan catatan tubuh (body note) misalnya: Tapsell (2017).

 

METODOLOGI  PENELITIAN

Metodologi Penelitian ditulis menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi tunggal. Hal yang dituliskan dalam metodologi penelitian adalah paradigma/jenis penelitian, lokasi, waktu, metode pengumpulan data, dan metode analisis data. Untuk penelitian yang bersifat kualitatif, penulis perlu memasukkan argumentasi ilmiah untuk setiap pemilihan objek penelitian. Untuk penelitian yang berjenis kuantitatif, penulis juga perlu menjelaskan teknik sampling yang digunakan, hasil uji validitas, dan hasil uji reliabilitas. Semua hal tersebut tidak perlu dibagi dalam subbab.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan ditulis menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi tunggal. Hal-hal yang dituliskan dalam Hasil dan Pembahasan adalah analisis terhadap hasil penelitian berdasarkan metode yang telah dipilih dan dituliskan pada bagian sebelumnya.

Untuk menjelaskan narasi penelitian, penulis dapat menggunakan alat bantu seperti tabel dan gambar yang perlu ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Gambar

Gambar yang dimasukkan dalam tulisan ini harus dapat terbaca dan dapat dicetak dengan jelas. Hal yang termasuk gambar adalah foto, bagan, grafik, dan sebagainya. Setiap gambar peru diberi nomor dan judul gambar yang berurutan. Misalnya, Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya. Sumber gambar dituliskan di bawah judul gambar. Judul dan sumber gambar ditulis di bawah gambar, posisi tengah, menggunakan font Calibri size 10. Berikut contoh pencantuman gambar:

Gambar 1. Rapor Kepuasan Warga atas Kinerja Presiden Jokowi di Bidang Politik, Kesejahteraan Sosial, Penegakan Hukum, dan Ekonomi

Sumber: Nugroho (2017)

 

  1. Tabel

Setiap tabel perlu diberi nomor dan judul tabel yang dituliskan di atas tabel dengan posisi di tengah. Penulis tidak perlu menyajikan garis vertikal pada tabel. Font yang digunakan dalam tabel adalah Calibri size 10. Sumber tabel diletakkan di bawah tabel pada posisi tengah. Berikut contoh pencantuman tabel:

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 1. Konglomerat Digital di Indonesia

Perusahaan

Anak Perusahaan Media

Pemilik

Stasiun Televisi Utama

Media Daring

CT Corp

Trans Corp

Chairul Tanjung

TransTV

Trans7

CNN

Detik

CNN

Global Media Com

MNC

Hary Tanoesoedibjo

MNC

Global

RCTI

Okezone

Sindonews

Kompas Gramedia

Kompas Group

Jacob Oetama

Kompas TV

Kompas

Tribunnews

Media Group

Media Televisi Indonesia

Surya Paloh

Metro TV

Metrotvnews

Sumber: Tapsell (2017)

 

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis dengan menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi tunggal. Hal yang perlu dituliskan dalam bagian ini adalah simpulan dari hasil penelitian dan saran. Simpulan penelitian adalah jawaban dari permasalahan yang sudah disebutkan pada bagian Pendahuluan, sesuai dengan hasil analisis pada bagian Hasil dan Pembahasan. Penulis disarankan menuliskan hal-hal yang penting dalam penelitian dan menghindari penggunaan kata-kata yang tidak bermakna pasti. Saran berisi rekomendasi penelitian selanjutnya berdasarkan simpulan yang telah dituliskan. Kesimpulan dituliskan tanpa menggunakan poin atau penomoran.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih dituliskan menggunakan font Times New Roman, size 12, spasi tunggal. Ucapan terima kasih ditujukan kepada pihak-pihak yang membantu dan terlibat dalam proses penelitian, serta kepada pihak yang mendanai penelitian.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka ditulis menggunakan font Times New Roman, size 11, spasi tunggal. Daftar Pustaka berisi referensi valid yang berjumlah minimal 10. Daftar Pustaka ditulis menggunakan format APA dan dituliskan secara urut abjad berdasarkan nama belakang pengarang. Penulisan Daftar Pustaka tidak dibagi-bagi berdasarkan jenis pustaka: buku, artikel dalam buku, jurnal, surat kabar, dan sebagainya. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

 

Andrea Carson, K. F. (2018). Understanding Collaborative Investigative Journalism in a "Post-Truth" Age. Journalism Studies, 19(13), 1899-1911. (untuk Jurnal)

Blackledge, P. (2013). Thinking About (New) Social Movements: Some Insights from the. In L. C. Colin Barker, Marxism and Social Movements (pp. 259-276). Leiden: Koninklijke Brill NV incorporates. (untuk Artikel dalam Buku)

Heryanto, A. (2015). Identitas dan Kenikmatan: Politik Budaya Layar Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. (untuk Buku)

 

Catatan: Hindari sumber dari Wikipedia, dan blog personal.

 

Articles

UPLOAD ARTIKEL

 

TEMPLATE ARTIKEL

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.