PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK AIR MINERAL AQUA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rafiqa Muriska Pandia
Kadunci Kadunci
Diana D. C. Hutagalung

Abstract

Abstract

This research aims to find out how the influence between product quality and prices of consumer purchasing decisions. Data collection using the questionnaire given to the respondents to obtain primary data and secondary data to obtain an libraries. While the method of data analysis using inferensial statistical analysis, test validity and reliability, test, test the significance of classical assumptions, analysis of the coefficient of determination and multiple regression analysis. Results of the study showed that the quality of the product and the price has a strong influence on the buying decision process. The quality of the product and the price effect of 55.6% of purchase decisions and the remaining 44.4% are influenced by other factors such as advertising, brand image factor and others.
Multiple linear regression analysis results obtained persamaanY = 20.216 0, 121X1 0, 610X2. Of the equation there are constants of 20.216 meaning if the quality of the product and the price is worth 0 then the consumer's decision to purchase the AQUA mineral water of 20.216.The regression coefficient values on the variable quality of products poositif of 0.121 meaning if product quality improved 1 value, then the purchasing decisions of consumers against products of instant noodles rose by 0.121. The regression coefficient values on the variable price of poositif 0.610 meaning if prices increased the value of 1, then the purchasing decisions of consumers against products of mineral water AQUA rose by 0.610. If the quality of the product and the price value of the coefficient of increase one means the amount of the purchase decision process increases to 20.947.
The test results on the test t significance obtained product quality variable value indicates the value thitung = 1.412 < ttabel = 1.662-value significance of 0.162 > 0.10. This means 1 Hypothesis is not accepted. The value for a variable price showed the value of thitung = ttabel > 7.413 = 1.662-value significance of 0.0000 < 0.10. This means the hypothesis 2 received. The calculation result statistics showed the value of Fhitung = Ftabel > 55.474 = 2.37 significance and value of 0.000 < 0.10. This means the hypothesis 3 received.

Key words: Product Quality, Price, Purchase Decisions Process

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh antara kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden untuk memperoleh data primer dan studi kepustakaan untuk memperolah data sekunder. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis statistik inferensial, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji signifikansi, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang kuat terhadap proses keputusan pembelian. Kualitas produk dan harga memiliki pengaruh sebesar 55,6% terhadap proses keputusan pembelian dan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor iklan, citra merek dan lain-lainnya.
Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 20,216 + 0,121X1 + 0,610X2. Dari persamaan tersebut terdapat nilai konstanta sebesar 20,216 artinya apabila kualitas produk dan harga bernilai 0 maka keputusan konsumen untuk membeli produk air mineral AQUA sebesar 20,216. Nilai koefisien regresi pada variabel kualitas produk poositif sebesar 0,121 artinya jika kualitas produk ditingkatkan 1 nilai, maka keputusan pembelian konsumen terhadap produk Indomie naik sebesar 0,121. Nilai koefisien regresi pada variabel harga poositif sebesar 0,610 artinya jika harga ditingkatkan 1 nilai, maka keputusan pembelian konsumen terhadap produk air mineral AQUA naik sebesar 0,610.Jika kualitas produk dan harga nilai koefisiennya meningkat satu artinya jumlah proses keputusan pembelian meningkat menjadi 20,947.Hasil pengujian pada uji signifikansi t diperoleh nilai variabel kualitas produk menunjukan nilai thitung= 1,412 < ttabel = 1,662 dengan nilai signifikansi sebesar 0,162 > 0,10. Dengan nilai signifikansi dibawah 0,10 tersebut menunjukan bahwa kualitas produk memiliki tidak mempengaruhi terhadap proses keputusan pembelian. Hal ini berarti Hipotesis 1 tidak diterima. Nilai untuk variabel harga menunjukan nilai thitung= 7,413 > ttabel = 1,662 dengan nilai signifikansi sebesar 0,0000< 0,10. Hal ini berarti hipotesis 2 diterima. Hasil perhitungan statistik menunjukan nilai Fhitung = 55,474> Ftabel = 2,37 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Hal ini berarti hipotesis 3 diterima.


Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Proses Keputusan Pembelian

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pandia, R. M., Kadunci, K., & Hutagalung, D. D. C. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK AIR MINERAL AQUA. Epigram, 14(1). https://doi.org/10.32722/epi.v14i1.960

References

  1. Fadil, Zaki dan Utama, Priyo. 2015. Teknik Marketing Itu Mudah. Yogyakarta: Second Hope
  2. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
  3. Kotler, Philip.,dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
  4. Kotler, Philip.,dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Tigas Belas. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.
  5. Kotler, Philip.,dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
  6. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
  7. Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  8. Mowen, John C dan Minor, Michael. 2002. Prilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
  9. Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Prilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
  10. Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
  11. Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
  12. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  13. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Supranto, J dan Limakrisna, Nandan. 2007. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Kencana Media.
  15. Supranto, J. 2005. Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Tjiptono, Fandy. 2015. Srategi Pemasaran Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.
  17. Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia. 2016. Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
  18. Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
  19. Website:
  20. www.aqua.com:2017
  21. www.topbrand-award.com