METODE PENELITIAN KUALITATIF MENGGUNAKAN TEKNIK SURVEI PENGAKUAN DIRI PARA PELAKU (DALAM KONTEKS KEPATUHAN OLEH BANKIR SEBAGAI PENCEGAHAN FRAUD PADA PERBANKAN)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ida Nurhayati
Indianik Aminah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini sebagai bagian dari penelitian tentang Fraud atau kecurangan yang terjadi dalam perbankan. Fraud merupakan penipuan yang sengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang sehingga menimbulkan kerugian tanpa disadari oleh pihak yang dirugikan tersebut dan memberikan keuntungan bagi pelaku kecurangan. Kecurangan umumnya terjadi karena tiga hal utama, yaitu: adanya tekanan untuk melakukan penyelewengan, adanya kesempatan yang bisa dimanfaatkan serta adanya pembenaran terhadap tindakan tersebut. Pada prinsipnya Fraud memiliki tiga unsur, yaitu: adanya perbuatan yang melawan hukum (illegal acts); dilakukan oleh orang-orang dari dalam dan/atau dari luar organisasi serta dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan/atau kelompok sementara di lain pihak merugikan pihak lain baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai wujud penegakan kepatuhan, maka dilakukannya Penerapan prinsip Know Your Employee secara efektif dan efisien, sehingga memungkinkan terciptanya upaya pengelolaan risiko perbankan yang berorientasi kepada layanan nasabah.

Kata Kunci: Kepatuhan, know Your Employee, fraud, perbankan

Abstract

This is part of the research of fraud or unfairness in the banking system. Fraud is well designed swindling by some people or group that causing an unrecognized loss to a party and gives the profit to the perpetrator. Generally, fraud happen because of three main reason, there is a push to do a manipulation, there is a chance that can be used, and there is a justification to the act. Principally, fraud has three elements, there is an illegal acts by internal or external of the organization and done to gain personal or group profit while causing loss to the other party either direct or indirect. As an act of submissive establishment, implementation of Know your employee principal effectively and efficiently is crucial, so that there is a possibility of the creation of customer oriented banking risk management.

Keywords : Submissive, Know Your Employee, Fraud, Banking

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurhayati, I., & Aminah, I. (2015). METODE PENELITIAN KUALITATIF MENGGUNAKAN TEKNIK SURVEI PENGAKUAN DIRI PARA PELAKU (DALAM KONTEKS KEPATUHAN OLEH BANKIR SEBAGAI PENCEGAHAN FRAUD PADA PERBANKAN). Epigram, 12(1). https://doi.org/10.32722/epi.v12i1.698