POTENSI KOTA BANDUNG SEBAGAI DESTINASI INCENTIVE MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tuty Herawati
Christina Lipuring Tyas Rudatin
Djuni Akbar

Abstract

ABSTRAK
Kota Bandung terpilih dalam 5 (lima) besar kota kreatif se-Asia, saat ini sudah ada 400 outlet industri kreatif dan dapat menyerap kurang lebih 334.244 tenaga kerja dan memberikan. kontribusi 11 persen untuk pertumbuhan ekonomi kota. Dari hasil wawancara dan data sekuder yang terkumpul, berikutnya dianalisis menunjukkan bahwa Subsektor industri kreatif yang dapat dijadikan unggulan kota Bandung diantaranya yaitu musik, fashion, seni, desain, arsitektur, IT dan makanan (kuliner). Pemerintah sudah mempunyai instrumen kebijakan untuk menyokong industri kreatif, hanya penerapan dari kebijakan tersebutlah belum memuaskan, sehingga masih ada keluhan dari para pelaku industri kreatif mengenai perolehan perizinan usaha, promosi, tempat berekspresi, kemudahan dalam mendapat pinjaman serta tarif pajak yang dirasakan masih memberatkan. Bandung memiliki potensi sebagai destinasi Incentive Travel karena didukung dengan Industri kreatif nya yang sangat menunjang, yaitu adanya destinasi wisata yang indah, atraksi wisata (seni, budaya), kuliner, cindera mata, adanya pelayanan pertemuan dan konferensi.Disarankan ada berbagai stimulus perlu diberikan kepada pelaku sektor kreatif seperti keringanan pajak;. Adanya penyelenggaraan event internasional, workshop, seminar, ekspo industri kreatif, serta agar Pemerintah Daerah Kota Bandung mengatasi kemacetan lalu lintas untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan

Kata Kunci : Industri kreatif, MICE, Incentive, Bandung, Parawisata, Destinasi

ABSTRACT
The aim of this research is to collect information from Bandung local government and key sectors of creative industry in order to know Bandung potential to be incentive destination through developing creative industry . This research uses survey for collecting data by distributing questionnaires and conducting interviews with the respondents. Data we have had from Local Government, and practitions of creative industry. Research methodology is qualitative descriptif .The conclusions of this research is Key selling points about Bandung to be an incentive destination through developing of creative industry are Culture, Beautiful Landscape,.variety of accommodation options, have several beautiful destination. Local government has a programs and many efforts to develop creative industry. Based on the conclusions drawn, it is recommended that the government give variance stimulus (tax exemption,licence and financing); Improved collaboration among local government and key sectors to conduct more efficient Mice events which directly impacted to increase their business and local competitiveness.

Keywords: Creative industry, Incentive, MICE, Destination, Bandung, Tourism

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Herawati, T., Rudatin, C. L. T., & Akbar, D. (2015). POTENSI KOTA BANDUNG SEBAGAI DESTINASI INCENTIVE MELALUI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF. Epigram, 11(2). https://doi.org/10.32722/epi.v11i2.672