Implementasi Tata Ruang Kantor Dalam Mewujdukan Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iis Mariam
Ocvisarita Narasis

Abstract

ABSTRAK
Office layout memberikan gambaran bagaimana suasa kerja yang berlangsung dipengaruhi oleh lebarnya ruangan, jenis pekerjaan, lingkungan kerja dan pemilihan furniture serta peralatan kantor lainnya yang efisien dan efektif. Penelitian mengenai implementasi tata ruang kantor dilakukan di Direktorat Human Capital Management PT Telkomsel yang ada di Muliat Tower Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara dan studi dokumentasi terkait prinsip dan asas yang digunakan PT Telkomsel di dalam penataan ruang kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan layout belum diimplementasikan secara menyeluruh sesuai asas, prinsip tata ruang kantor karena masih ada pembagian ruangan yang belum sesuai dengan jenis pekerjaan staf serta penempatan untuk mesin fotocopy yang terletak di ruang yang berbeda dengan staf sehingga membutuhkan waktu di dalam penyelesaian pekerjaannya. Prinsip 5R diimplementasikan dengan membuat nama pada cluster tempat kerja untuk membedakan tempat dan jenis pekerjaan yang dilakukan staf.

Kata Kunci : tata ruang kantor, jenis ruangan kantor, prinsip 5R, produktivitas kerja

ABSTRACT
Office layout gives an overview of how suasa ongoing work is influenced by the width of the room, type of work, work environment and the selection of furniture and other office equipment that is efficient and effective. Research on the implementation of the office layout is done in the Directorate of Human Capital Management PT Telkomsel in Muliat Tower Jakarta. Data was collected through observation, interviews and documentation related to the principle and the principle of the use of PT Telkomsel in the arrangement of the workspace. The results showed that the arrangement of the layout has not been thoroughly implemented in accordance principle, the principle of the spatial distribution of the office because there is still room that is not in accordance with the type of work for the staff as well as the placement of copy machines located in a different room with a staff that takes on the job completion. 5R principle is implemented by creating a cluster name in the workplace to distinguish the place and type of work performed staff.

Keywords: office layout, office space types, principles of 5 and work productivity

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mariam, I., & Narasis, O. (2015). Implementasi Tata Ruang Kantor Dalam Mewujdukan Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Epigram, 11(1). https://doi.org/10.32722/epi.v11i1.664