KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PRODUKTIF MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DIUKUR DENGAN MENGGUNAKAN SKALA UMUM KERANGKA KERJA EROPA(THE COMMON EUROPEAN FRAMEWORK SCALES)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Purwaningrum
Ina Sukaesih

Abstract

Abstract
The research aimed to investigate the productive English skills of students of State Polytechnic of Jakarta(PNJ) based on their own assessment and and their teachers’assessment. The research was carried out in PNJ, focusing at students of Accounting, Business Administration and Graphics and Publishing departments. The methods of research used was survey with questionnaire as the instrument for data gathering. Data gathered were analysed using the Common European Framework Scales. It is revealed that according to students’assessment their productive skills are good while the teachers consider that they are still bad.

Key words: productive skills, assessment, spoken interaction, spoken production, writing

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Productive Skills Bahasa Inggris mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang didasarkan pada asesmen mandiri dan asesmen oleh guru. Penelitian dilaksanakan di Politeknik Negeri Jakarta, dengan fokus pada mahasiswa Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Bisnis, dan Jurusan Grafika dan Penerbitan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data dikumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan Common Eurepean Framework Scales. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan asesmen mandiri oleh mahasiswa Productive Skills mahasiswa bagus, sementara para guru menyatakan bahwa producive skills tersebut masih kurang bagus.

Kata kunci : productive skills, assessment, spoken interaction, spoken production, writing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwaningrum, E., & Sukaesih, I. (2014). KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PRODUKTIF MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DIUKUR DENGAN MENGGUNAKAN SKALA UMUM KERANGKA KERJA EROPA(THE COMMON EUROPEAN FRAMEWORK SCALES). Epigram, 10(2). https://doi.org/10.32722/epi.v10i2.636