PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI TEKNIK ROLE PLAY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wardah Hanafiah dkk

Abstract

This research was aimed to improve the education atmosphere by increasing teaching and learning process through human resource working optimal in this case to improve students speaking skill. This research was conducted at Heavy Equipment Study Program of State Polytechnic of Jakarta in the second semester of 2011/2012 academic year with the sample of thirty students. The research findings show that: 1) after the second cycle stage, 50% from 2P students got the minimal standard score of 70, and 53% for 2K students. It means that the research has successfully reached the target, that is: more than 50% of students get the minimal standard score of 70 for speaking skill. 2) Through observation and interview the research findings prove the effectiveness of role play technic gives the positive sides to the students in learning English.

Key Words: action research, role play, communicative approach, speaking skil, accuracy, fluency, cycle stage, improvement



ABSTRAK

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan education atmosphere melalui peningkatan kualitas pembelajaran dengan optimalisasi kerja sumber daya manusia dalam hal ini pengajar dengan hasil akhir yang diharapkan yaitu meningkatnya keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester dua (2) Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Jakarta yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 31 mahasiswa. Hasil yang diperoleh bahwa 1) Setelah siklus kedua, 50% dari mahasiswa kelas 2P memperoleh nilai standar minimal 70. Dan kelas 2K 53%. Ini menunjukkan bahwa target keberhasilan penelitian tercapai yakni lebih dari 50% mahasiswa mencapai nilai standar minimal 70. 2) Dari hasil pengamatan dan wawancara bahwa pembelajaran berbicara bahasa Inggris dengan teknik role play memberi pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Kata Kunci: penelitian tindakan, bermain peran, pendekatan komunikasi, keterampilan berbicara, akurasi, kefasihan, siklus, peningkatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hanafiah dkk, W. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI TEKNIK ROLE PLAY. Epigram, 9(2). https://doi.org/10.32722/epi.v9i2.58