PENGGUNAAN IKON BAHASA ASING MAUPUN DAERAH DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PEKAN REKLAME PRODUK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hastuti Redyanita
Endang Purwaningrum

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bertujuan : 1. Untuk menetapkan apakah difusi bahasa Asing dan bahasa Indonesia yang digunakan dalam reklame atau iklan memiliki dampak negatif atau positif terhadap perkembangan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, 2. Untuk menetapkan apakah penggunaan bahasa daerah dengan bahasa Indonesia yang digunakan dalam reklame atau iklan suatu produk, baik produk jasa maupun barang, memiliki dampak negatif atau positif terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Metode yang akan digunakan adalah pengamatan dan survey terhadap bahasa yang digunakan dalam reklame atau iklan billboard di jalan protokol kota Depok dan Jakarta, iklan elektronik atau televisi nasional. Hasil dari penelitian ini adalah bahasa Inggris di Indonesia dalam bahasa Iklan mengalami difusi dengan pengucapan maupun penulisan untuk penggunaan iklan yang lebih mudah diingat oleh konsumen, tetapi tidak mengganggu perkembangan ketiga bahasa. Demikian juga bahasa Indonesia yang digunakan dalam Iklan mengalami difusi dengan bahasa daerah dalam pemakaian keseharian dengan tujuan yang sama dengan yang dialami oleh bahasa asing, utamanya bahasa Inggris, yaitu agar mudah diingat. Hal demikian tidak memiliki dampak merusak terhadap bahasa yang digunakan, baik bahasa asing maupun bahasa Indonesia, melainkan menunjukkan pergerakan bahasa itu sendiri sebagai alat komunikasi. Hal ini diperkuat oleh penelitian sebelumnya bahwa dalam kehidupan sehari-hari sulit dihindarkan bahwa penggunaan bahasa mengalami pencampuran antara bahasa asing dan bahasa Indonesia.

Keywords: reklame, difusi bahasa, produk, jasa.

------------------------------------------------------------


ABSTRACT

The objective of this research are 1: to detemine whether difusion of foreign language and Indonesian used in advertisement has negative or positive impact to the development the both language. 2. To determine whether difusion of Indonesia language and local language such as Javanesse language, etc has negative and positif impact to the development of both language. The method used is survey and observation toward the language used for advertisement along Jalan Margonda Depok and jakarta, in electronic media of national television aswell as bilboard. The result of this research is though difusion of languages appear, but it does not make any harm for the languages. It shows the development of the languages for daily usage.

Keywords : reklame, language difusion, product, service

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Redyanita, H., & Purwaningrum, E. (2014). PENGGUNAAN IKON BAHASA ASING MAUPUN DAERAH DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PEKAN REKLAME PRODUK. Epigram, 10(1). https://doi.org/10.32722/epi.v10i1.554