ANALISA KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN KBK MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI JURUSAN ADM NIAGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syamsurizal Syamsurizal
Riskon Ginting

Abstract

This research aims to analyze the competence of lecturers who taught at KBK management in business administration program in fourth semester. Competence of lecturers views of how student satisfaction and perception of the expectations for teaching. Faculty competence assessment are grouped into five attributes include mastery of materials, delivery of materials, discipline, students judgment and creativity in teaching and learning in class. Competence of lecturers can be seen from the index obtained from each attribute using the SERVQUAL method. Index of SERVQUAL method are grouped in a Kartesius diagram consisting of four groups to determine the competence of lecturers in each attribute. The results of the analysis of the Kartesius diagram to determine which attributes are already well and maintained, must be fixed, repaired to be good and excessive.

Key words: Satisfaction, Expetation, Perseption, Atribut, Servqual, Cartesius, and Index



Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi dosen dikelompok Manajemen pada semester empat tahun ajaran 2011/2012 di program studi adm bisnis jurusan Adm Niaga. Kompetensi dosen dilihat dari bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap harapan dan persepsi selama dosen mengajar. Kompetensi dosen dikelompokkan dalam lima atribut penilaian meliputi penguasaan materi, penyampaian materi, disiplin, penilaian dan kreativitas dalam proses belajar mengajar dalam satu semester. Kompetensi dosen dapat diketahui dari indeks yang diperoleh dari masing-masing atribut dengan mengunakan metode Servqual. Indeks dari metode Servqual tersebut dikelompokkan dalam diagram Kartesius yang terdiri dari empat kelompok untuk mengetahui kompetensi dosen dalam setiap atribut. Hasil analisis diagram Kartesius tersebut dapat menentukan atribut mana yang sudah baik dan dipertahankan, harus segera diperbaiki, diperbaiki menjadi baik dan yang berlebihan .

Kata Kunci: Kepuasan, Harapan, Persepsi ,Atribut, Servqual, Kartesius, dan Index

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Syamsurizal Syamsurizal, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Adm Niaga

Riskon Ginting, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Adm Niaga
How to Cite
Syamsurizal, S., & Ginting, R. (2013). ANALISA KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN KBK MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI JURUSAN ADM NIAGA. Epigram, 9(2). https://doi.org/10.32722/epi.v9i2.55