PERSEPSI KONSUMEN TENTANG HYPERMART CARREFOUR DI DEPOK TAHUN 2011

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iwan Sugiwa

Abstract

The main objective of this study was to determine the perceptions of consumers shopped in a modern market for the efforts of entrepreneurs in hypermart Carrefour. Survey method used in this research is descriptive exploratoris primary data collection was through questionnaires and observation. Given the consumer population is certainly not listed (Unlisted) so it does not have a sampling frame (sampling frame), then the sampling technique used in this study haphazard (convenience) sampling. The results of this study is the finding that the respondent as the form of the modern market most customers (67%) young people. They feel more satisfied shopping at modern market prices because in addition to its known with certainty and no bargain (75%) and quality of the goods that would be nice (63%) also get the convenience of shopping while recreation (65%). Interesting finding is many fathers and small children accompanying their mothers to shop (56%).

Key words: retailer, modern market, value added, perception, customers.
__________________________________________________________________________


Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen yang biasa berbelanja di pasar modern terhadap upaya yang dilakukan para pengusaha di hypermart Carrefour. Metode survey yang digunakan dalam penelitian deskriptif exploratoris ini dalam pengumpulan data primernya adalah melalui penyebaran kuesioner dan observasi.
Mengingat populasinya adalah konsumen yang tentu saja tidak terdaftar (unlisted) sehingga tidak memiliki bingkai penentuan sampel (sampling frame), maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan haphazard (convenience) sampling. Hasil penelitian ini adalah berupa temuan bahwa responden selaku pelanggan pasar modern sebagian besar (67 %) berusia muda. Mereka merasa lebih puas berbelanja di pasar modern karena di samping harga nya diketahui dengan pasti dan tidak tawar-menawar (75 %) dan kualitas barangnya yang pasti bagus (63 %) juga mendapatkan kenyamanan belanja sambil rekreasi (65 %) .Temuan menarik lainnya adalah banyaknya bapak-bapak dan juga anak-anak kecil menyertai ibu mereka berbelanja (56%) .

Kata kunci: usaha ritel, pasar modern, nilai tambah, persepsi, pelanggan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Iwan Sugiwa, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Akuntansi
How to Cite
Sugiwa, I. (2013). PERSEPSI KONSUMEN TENTANG HYPERMART CARREFOUR DI DEPOK TAHUN 2011. Epigram, 9(1). https://doi.org/10.32722/epi.v9i1.46