PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNIK SIPIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Aisiyah
- Noorbaity

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan jurusan teknik sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan teknik sipil Politeknik Negeri Jakarta, dan (2) berapa besar persentase pengaruh pemanfaatan perpustakaan jurusan teknik sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier yang pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan software SPSS Statistics 17 dan metode analisis deskriptif untuk setiap indikator variabel pemanfaatan perpustakaan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa (1) ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan jurusan teknik sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan teknik sipil Politeknik Negeri Jakarta, dan (2) besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan jurusan teknik sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 73,1 % yang berarti pengaruh tersebut dinyatakan erat dan searah.

Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, prestasi belajar, analisis regresi linier, dan analisis deskriptif.

Abstract

This research was aimed to find out (1) whether the use of civil engineering library influenced the achievement of civil engineering students State Polytechnic of Jakarta, and (2) the percentage of the influence of the use of civil engineering library on the students’ achievement. The analysis of this research was carried out by using linear regression analysis method in which the analysis of data was done by using SPSS Statistics 17 software, and descriptive analysis method for each variable indicator of the use of civil engineering library. From this research we can find out that (1) the library use influences the achievement of civil engineering students State Polytechnic of Jakarta, and (2) the influence of the use of civil engineering library on the students’ achievement is 71.3 % which means the influence is high and linear.

Key words: library use, students’ achievement, linear regression analysis, and descriptive analysis

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Siti Aisiyah, PNJ

TS

- Noorbaity, PNJ

TS
How to Cite
Aisiyah, S., & Noorbaity, .-. (2014). PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNIK SIPIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL. Epigram, 8(2). https://doi.org/10.32722/epi.v8i2.179