ANALISIS KESALAHAN PADA TEKS EKSPOSITORI BAHASA INGGRIS HASIL UJIAN MATA KULIAH ENGLISH 1 MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anwar Mustofa
Supriatnoko Supriatnoko

Abstract

Abstract


The research aims at analyzing semester 1 students’ average abilities of Business Administration Department State Polytechnic of Jakarta in writing expository text in English 1 subject through error analysis approach. The data is then measured by the following standard English grammar books—Harbrace College Handbook (1977), Common Mistakes in English (1982), dan A Practical English Grammar (1982). By qualitative analysis, the research found out that: (1) students made mistakes in verb agreement with the subject and forgot verb/be to fill the predicate slot, (2) students opened a sentence with number or/and sometimes with conjunction, (3) students also forgot to use capital letter to begin a new sentence, as a name of an object, and also made mistakes in noun pluralization, (4) students also still did not know how to make derivational words and how to make noun phrase, and (5) students also did not aware of the function and meaning of the mechanic of writing such as full stop, comma, and semicolon in a sentence construction. Beside that, students came from vocational secondary schools had better writing skill than students from secondary schools; and hence female students proved to have better abilities in English writing skill than the male counterparts.


Keywords: error analysis, expository text, final test, writing skill


Abstrak


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan mahasiswa dan mengukur tingkat kemampuan rata-rata mahasiswa semester 1 dalam berbahasa Inggris tulis pada Mata Kuliah English 1 melalui analisis kesalahan (error analysis) terhadap hasil Ujian Akhir Semester 1 yang berupa teks ekspositori. Penelitian ini mengambil tempat di Jurusan Administrasi Niaga, menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes menulis. Data yang telah terkumpul diukur kebenarannya dengan menggunakan standar baku pada buku Harbrace College Handbook (1977), Common Mistakes in English (1982), dan A Practical English Grammar (1982). Penelitian ini memperoleh beberapa temuan sebagai berikut: yaitu (1) mahasiswa lupa memasang kata kerja atau to be yang berfungsi sebagai predikat, untuk kesesuaian subjek dan predikat, (2) mahasiswa menggunakan kata hubung dan angka untuk mengawali sebuah kalimat. (3) mahasiswa lupa menggunakan huruf kapital untuk mengawali kalimat atau untuk nama sebuah objek dan bentuk jamak sebuah kata benda (pluralization), (4) mahasiswa belum memahami tentang bentuk kata (derivation) dan kata majemuk (noun phrase), dan (5) mahasiswa belum memahami fungsi tanda baca khususnya “titik”, “koma”, dan “titik koma” pada kalimat. Mahasiswa yang berasal dari SMK ternyata memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding mahasiswa yang berasal dari SMU untuk membuat teks ekspositori meskipun jumlah mereka lebih sedikit dibanding mahasiswa yang berasal dari SMU. Peserta didik wanita mendapatkan hasil yang lebih baik dibanding peserta didik pria dalam membuat teks ekspositori.

Kata kunci: analisis kesalahan, teks ekspositori, ujian akhir semester, keterampilan menulis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mustofa, A., & Supriatnoko, S. (2019). ANALISIS KESALAHAN PADA TEKS EKSPOSITORI BAHASA INGGRIS HASIL UJIAN MATA KULIAH ENGLISH 1 MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. Epigram, 16(1). https://doi.org/10.32722/epi.v16i1.1424