ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kanah Kanah
Ida Ayu Ketut Sumawidari
I Made Darma Oka

Abstract

Abstract


Hospitality Study Program of Bali State Polytechnic as vocational education institution always strives for the quality to fulfill the desired competence of the user (tourism industry). This study aims to analyze the student’s competence of Hospitality Studies Program in the user. Through this analysis it is expected the management able to take the solution in order to improve the competence of the graduates. The study was conducted on student’s semester VI who have been training in tourism industry. The sample was determined 107 people, using confirmatory factor analysis. The results showed that the three factors are attitude, knowledge, and skill had a significant influence to the achievement of the students' competency. The most dominant factor determining student competence is skill factor, followed by knowledge factor, and then an attitude factor. Thus, it is suggested to the management to emphasize the attitude factor in providing education and training at the campus in order to win an increasingly competitive competition. To the lecturers, especially the lecturers of professional ethics subjects, it is expected to further improve the discipline and attitude of the students so that they can fulfill the competence according to the expectations of the user.


Keywords: Analysis, competence, student, user


Abstrak


Program Studi Perhotelan Politeknik Negeri Bali sebagai lembaga pendidikan vokasi selalu berusaha agar mutu lulusannya mampu memenuhi kompetensi yang diinginkan pihak pengguna (industri pariwisata). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi mahasiswa Program Studi Perhotelan di industri pariwisata. Melalui analisis ini diharapkan pihak manajemen Program Studi Perhotelan mampu mengambil solusi guna dapat meningkatkan kompetensi lulusan. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester VI Program Studi Perhotelan yang telah dan sedang melaksanakan on the job training di industri pariwisata. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 107 orang, dengan menggunakan confirmatory factor analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor baik faktor attitude, knowledge, maupun skill memberikan pengaruh signifikan terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa Program Studi Perhotelan. Faktor yang paling dominan menentukan kompetensi mahasiswa adalah faktor skill, disusul faktor knowledge, dan selanjutnya adalah faktor attitude. Dengan demikian disarankan kepada manajemen Program Studi Perhotelan Politeknik Negeri Bali untuk lebih menekankan pada faktor attitude dalam memberikan pendidikan dan pelatihan di kampus Politeknik Negeri Bali guna mampu memenangi persaingan yang semakin kompetitif. Kepada para dosen Program Studi Perhotelan terutama dosen pengampu mata kuliah etika profesi, diharapkan lebih meningkatkan disiplin serta sikap/attitude mahasiswa sehingga mampu memenuhi kompetensi sesuai harapan dari pihak pengguna (industri pariwisata)..

Kata kunci: Analisis, kompetensi, mahasiswa, industri pariwisata

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kanah, K., Sumawidari, I. A. K., & Oka, I. M. D. (2019). ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN. Epigram, 16(1). https://doi.org/10.32722/epi.v16i1.1416