Pengaruh Celebrity Endorser Media Sosial (Instagram) dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan “Goreng” (Studi Pada Konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shara Chumairah
Fortuna Zain Hamid
Menik Wijiyanty

Abstract

Abstract

This study aimed to determine the effect of the celebrity endorser (Rachel Vennya) and product quality to purchasing decision, which was conducted on 100 people Sate Taichan “Goreng” buyers in Tebet branch using non-probability sampling technique with incidental sampling approach. The research method used in this research was quantitatice with survey method aproach. The data in this study were tested using classical assumptions consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. Futhermore, the hypotesis was tested using by using multiple linear reggresion analysis, coefficient of determination (R2), t test, and f test. This study uses data analysis techniques with the help of SPSS (Statistical Package for Social Science) program version 23.0.
The empirical test results indicate that celebrity endorser and product quality together have a positive influence on purchasing decision product of Sate Taichan “Goreng” Tebet brach by 42,5%. Partially, the results of the analysis on celebrity endorser shows that this variable affect purchasing decisions by 40,83% with t count = 7.051> t table = 1.66071 and a significance value of 0.000 <0.10. While the product quality variable has an effect on the purchase decision of 13.03% with t count = 1.673> t table = 1.66071 and a significance value of 0.098 <0.10

Keywords: celebrity endorser, product quality, purchasing decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung celebrity endorser (Rachel Vennya) dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet dan teknik yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan incidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan metode survey. Data pada penelitian ini dilakukan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Selanjutnya hipotesis diuji dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji f. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Sosial Science) versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet sebesar 42,5%. Secara parsial, hasil analisis pada celebrity endorser menunjukkan bahwa variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 40,83% dengan thitung=7,051>ttabel=1,66071 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 13,03% dengan thitung=1,673>ttabel=1,66071 dan nilai signifikansi sebesar 0,098 < 0,10

Kata Kunci : celebrity endorser, kualitas produk, keputusan pembelian

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Chumairah, S., Hamid, F. Z., & Wijiyanty, M. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Media Sosial (Instagram) dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan “Goreng” (Studi Pada Konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet). Epigram, 15(1). https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1219

References

  1. Belch, George dan Belch, Michael. 2007. Advertising and Promotion. 7th Edition. The McGraw-Hill Companies.
  2. Fill, Chris. 2013. Marketing Communications. Pearson.
  3. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS.23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
  4. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  5. Kotler, Philip dan Keller, L.Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
  6. Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
  7. Siregar, Syofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual. Jakarta: Kencana. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
  8. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: CV Alfabeta.
  9. -----------. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
  10. Suharso, Puguh. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis. Jakarta: Indeks.
  11. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarya: CV Andi Offset.