PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MELALUI MAGIC FIVE FINGERS METHOD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Supriatnoko Supriatnoko
Hastuti Redyanita

Abstract

Abstrak

Penelitian PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MELALUI MAGIC FIVE FINGERS METHOD ini bertujuan untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Inggris mahasiswa PNJ khususnya mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Program Studi Keuangan dan Perbankan serta untuk meningkatkan kualitas kinerja dosen dalam pembelajaran bahasa Inggris, mengingat sampai saat ini hasil belajar mahasiswa dalam kemahiran berbicara bahasa Inggris masih belum memuaskan. Mencermati metode yang selama ini diterapkan seperti direct method dan grammar translation method belum mampu meningkatkan kemahiran mahasiswa dalam berbicara dengan penuh percaya diri tanpa keraguan. Pentingnya penelitian ini diusulkan, yakni untuk mendukung Renstra dan visi, misi serta tujuan PNJ menjadi politeknik unggul dimana bahasa Inggris menjadi faktor pendukung utama keahlian program studi. Penelitian ini diusulkan pelaksanaannya pada tahun 2017 ini, menggunakan pola penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga penelitian bersifat siklis. Data dikumpulkan melalui penggunaan teknik tes lisan berbicara. Tes diberikan sebagai bukti dari proses dan hasil belajar yang telah dilaksanakan pada pokok bahasan yang dipelajari mahasiswa dan dianalisis melalui teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kritis. Output berupa hasil penelitian disampaikan dalam seminar nasional/internasional, dan publikasi dalam bentuk jurnal skala nasional. Outcome penelitian berupa bukti kemahiran berbicara yang dimiliki setiap mahasiswa yang telah mengalami treatment sebagai sampel. Dilaksanakan melalui tahapan Pra Siklus, Siklus 1, Siklus 2, Siklus 3. Pada akhir Siklus 3 diperoleh hasil skor nilai sebesar 80.4 dengan jumlah peserta didik yang berhasil mampu membuat kalimat pertanyaan dengan menggunakan verb 1, to be + verb-ing, modal auxiliary will, have/has + verb 3, dan will have + verb3 sebanyak 61 dari jumpal sampel sebanyak 89 orang. Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat diterima.


Kata Kunci: Kemahiran berbicara, Mahasiswa, Magic Five Fingers, PTK, Siklis

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Supriatnoko, S., & Redyanita, H. (2018). PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MELALUI MAGIC FIVE FINGERS METHOD. Epigram, 14(2). https://doi.org/10.32722/epi.v14i2.1094

References

  1. Ahmad, Syaban. 2017. Magic Five Fingers. Wawancara dengan Syaban Sang pencipta.
  2. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Daniati, Rahmi. 2016. Teaching Question Sentences by Using Five Fingers Technique: An Experimental Study at MTs Meuraxa Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
  4. Departemen Pendidikan Nasional RI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Hamalik, Oemar, 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Second edition. Philadelphia: Open University Press.
  7. Karwono dan Mularsih. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Peanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.
  8. PNJ. 2014. Buku Profil Politeknik Negeri Jakarta. Depok.
  9. PNJ. 2015. Rencana Strategis (Renstra) 2015—2019 PNJ menjadi Politeknik Kelas Asia Tenggara. Depok.
  10. Soly Abimanyu dkk. 1995. Penelitian Praktis untuk Perbaikan Pengajaran. Jakarta: Bagian Proyek PGSD Ditjen Dikti Depdikbud RI.
  11. Supriatnoko dan Anwar Mustofa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Mata Kuliiah Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Jakarta. Hasil Penelitian dalam Epigram Volume 13 Nomor 2 Oktober 2016.
  12. Suprijono, Agus. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
  13. Suwandi, Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
  14. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.