ANALISIS KONTEN KREATIF PADA FANPAGE FACEBOOK CADBURY DAIRY MILK TAHUN 2016

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amanda Fidienna Putri
Tuti Hartati
Titik Purwinarti

Abstract

Abstract


This research aims to find out what content is liked by fans and to find what message elements are contained in the creative content on fanpage facebook Cadbury Daiy Milk. This method research is using quantitative content analys research by coding method. This reaserch involved three (3) reseachers whose result would be compared to each other. The population in this research is the all content on fanpage facebook Cadbury Dairy Milk in 2016 and using random sample to conduct this research. This reaserch examined 4 unit of analysis in which already categorized. Based on the result of the Coefisien Reliable (CR) test show that the sample of data doesn’t exist less then 0,95 or <0,95. 60 samples that have been research get result more than 0,95 or > 0,95. The data states that the content in fanpage facebook Cadbury Dairy Milk is reliable with 4 units of analysis.


Keywords: Fanpage Facebook, Cadbury Dairy Milk, content creative, copywriting, quantitative content analys, and coding method.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten apa saja yang disukai oleh penggemar dan untuk mengetahui unsur pesan yang terdapat dalam konten kreatif pada fanpage facebook Cadbury Daiy Milk. Metode penelitian ini menggunakan penelitian analisis kuantitatif dengan metode pengkodean. Penelitian ini melibatkan tiga (3) peneliti yang hasilnya akan dibandingkan satu sama lain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konten pada fanpage facebook Cadbury Dairy Milk pada tahun 2016 dan menggunakan sampel acak untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini menguji 4 unit analisis yang sudah dikategorikan. Berdasarkan hasil uji Coefisien Reliable (CR) menunjukkan bahwa sampel data tidak ada kurang dari 0,95 atau <0,95. 60 sampel yang telah diteliti mendapatkan hasil lebih dari 0,95 atau> 0,95. Data menyatakan bahwa konten dalam fanpage facebook Cadbury Dairy Milk dapat diandalkan dengan 4 unit analisis.


Kata Kunci: fanpage facebook, Cadbury Dairy Milk, Konten Kreatif, Copywriting, Analisis Kuantitatif, Metode koding

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, A. F., Hartati, T., & Purwinarti, T. (2018). ANALISIS KONTEN KREATIF PADA FANPAGE FACEBOOK CADBURY DAIRY MILK TAHUN 2016. Epigram, 14(2). https://doi.org/10.32722/epi.v14i2.1023

References

  1. Agustrijanto, “Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan”, Remaja Rosda Karya, 2001
  2. Ashari, Zulfadhli, “The Secret of Copy Writing Revolution Strategis Konten Marketing Untuk Pebisnis Onlie”, E-BOOK
  3. Bungi, Burhan, 2006, “Teknik Praktis Riset Komunikasi, Disertau Contoh Paktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran”, Kencana, Jakarta
  4. Darmadi Durianto, dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka
  5. Hakim, Budiman, 2006, “Lanturan Tapi Relevan”, Galang Press, Yogyakarta
  6. Kasali, Rhenald, 1998, “ Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting, Positioning”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
  7. Kriyantono, Rachmat,2006, “ Teori Praktis Riset Komunikasi, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran”, Kencana, Jakarta
  8. Kurniawan, Rulianto, 2009, “Facebook untuk Orang Awam” Maxikom, Palembang
  9. Marindo, Rex. 2013. Marketing Cappucino, Campur dan Racik Marketing Anda SesuaiSelera. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
  10. Morissan. 2010. “PERIKLANAN: Komunikasi Pemasaran Terpadu”. Jakarta: Kencana
  11. Mulyana, Deddy, 2005, “Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar”, Remaja Rosdakarya, Bandung
  12. Sandra Moriarty, dkk. 2011. “ADVERTISING”. KENCANA, Jakarta
  13. Santoso, Edi & Setiansah, Mite.2010, “Teori Komunikasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta
  14. Shimp, Terence A. 2003. “Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu”. Erlangga, Jakarta
  15. Suyanto, 2003, “Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”, Andi, Yogyakarta
  16. Tano Nazoeaggi, 2011, Analisis Isi Pesan Media Cetak Peraih Medali Emas Penghargaan Bulanan dalam Forum HTTP://www.adsoftheworld.com
  17. Periode Oktober 2008 Hingga Maret 2011
  18. Khairun Mutmainah, 2015, Pesan Dakwah pada Fan page Asma Nadia (ANALISIS ISI PESAN BULAN RAMADHAN 11436 H/ 2015
  19. Ninda Puspita Sari, 2010, Efektifitas Iklan Social Media (Analisis EPIC Model Iklan “Maicih”
  20. Hariningsih Endang, 2013, Internet Advetising Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif
  21. Katalog Phinastika, 2011:16
  22. www.facebook.com/CadburyDairyMil