Studi Penggulungan Ulang Rotor Untuk Memperbaiki Unjuk Kerja Motor DC Pada Mobil Sel Surya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eva Kurnia Yulyawan
Mas Ahmad Baihaqi
Misdiyanto
Dani Hari Tunggal Prasetiyo

Abstract

Motor DC merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Maintenance merupakan salah satu faktor yang penting untuk mempertahankan performa kinerja motor DC, karena kerusakan – kerusakan motor DC biasanya disebabkan oleh tiga hal diantaranya faktor lingkungan, faktor mekanikal dan faktor elektrikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kinerja motor DC dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap putaran (RPM) yang sebelumnya mengalami penurunan kinerja karena mengalami kerusakan pada sebagian lilitan, dimana jika motor DC tersebut mengalami kelebihan beban dan tetap dioperasikan maka akan menyebabkan terbakarnya lilitan dari motor DC tersebut. Dan kondisi ini mengharuskan untuk melakukan penggantian dengan melakukan penggulungan lilitan baru agar motor DC tetap bisa digunakan. Perubahan konstruksi pada lilitan motor DC berpengaruh terhadap besar tahanan lilitan yang pada akhirnya nanti akan mengubah kinerja motor. Uji motor DC sebelum dilakukan pengulungan ulang menggunakan tegangan sebesar 48 volt mempunyai kecepatan putar 70 RPM. Dan sesudah dilakukan pengulungan ulang dengan menggunakan tegangan yang sama sebesar 48 volt, kecepatan putar menjadi 300 RPM.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. D. H. T. Prasetiyo, D. Wahyudi, dan A. Muhammad, “The Effect of Biogas Purification Process Using Calcium Oxide-Based Sorbents on the Diffusion Flame Combustion Characteristics ( Pengaruh Proses Pemurnian Biogas Menggunakan Kalsium Oksida Terhadap Karakteristik Pembakaran Api Difusi ),” vol. 4, no. 3, 2021.
  2. N. Nugroho dan S. Agustina, “Analisa Motor Dc ( Direct Current ) Sebagai Penggerak Mobil Listrik,” Mikrotiga, vol. 2, no. 1, hal. 28–34, 2015.
  3. R. Hartono, M. F. Noor, dan E. Kurnia Y, “Perancangan dan Pembuatan Mobil Sel Surya Menggunakan Motor DC Magnet Permanen,” Energy, vol. 6, no. 1, hal. 37–42, 2016, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.upm.ac.id/index.php/energy/article/view/152
  4. A. Kuswardana, “Analisis Sistem Motor Penggerak Pada Mobil Listrik Dengan Kapasitas Satu Penumpang,” Univ. Negeri Semarang, no. motor bakar, hal. 45–47, 2016.
  5. I. N. Bagia dan I. M. Parsa, MOTOR-MOTOR LISTRIK. Kupang: CV. Rasi Terbit, 2018.
  6. N. Nurhadi dan P. N. Malang, “PENGEMBANGAN SEPEDA MOTOR LISTRIK SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI Tujuan penelitian Metodologi penelitian Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen , dimana pengambilan data dilakukan langsung pada,” no. January, 2018.
  7. J. Mesin, O. Politeknik, dan N. T. Laut, “PENGAPLIKASIAN PANEL SURYA PADA MOBIL LISTRIK Rusuminto Syahyuniar,” vol. 3, no. 1, hal. 10–17, 2016.
  8. S. Hidayat, “Pengisi Baterai Portable dengan Menggunakan Sel Surya,” J. Energi dan Kelistrikan , vol. 7, no. 2, hal. 137–143, 2015.
  9. B. H. Purwoto, J. Jatmiko, M. A. Fadilah, dan I. F. Huda, “Efisiensi Penggunaan Panel Surya sebagai Sumber Energi Alternatif,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 18, no. 1, hal. 10–14, 2018, doi: 10.23917/emitor.v18i01.6251.