Sistem Monitoring Prototipe Mesin Sortir Massa Produk berbasis Internet of Things

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fuji Fatimah
Fatahula
Muchlishah

Abstract

Sistem monitoring prototipe mesin sortir massa produk adalah suatu alat yang digunakan untuk memonitoring dan menampilkan data hasil pembacaan sensor load cell secara real time. Sistem monitoring prototipe mesin sortir massa produk ini dilengkapi dengan sebuah modul kamera ESP32 yang berfungsi untuk memonitoring proses penyortiran produk secara real time dan sebuah modul wifi ESP8266 yang berfungsi untuk mengirimkan data hasil pembacaan sensor load cell ke firebase yang kemudian akan dikirim ke aplikasi MIT APP Inventor. Sistem monitoring ini bekerja dengan cara menghubungkan modul kamera ESP32 dan modul wifi ESP8266 dengan layanan wifi, kemudian memasukkan IP Address modul kamera dan modul wifi. Pengujian sistem monitoring dibagi menjadi empat jenis, yakni pengujian komunikasi antara peralatan hardware dengan software, pengujian modul kamera ESP32, pengujian modul wifi ESP8266 dan pengujian aksebilitas sistem monitoring. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem monitoring ini dapat bekerja sesuai deskripsi, adapun banyaknya error yang terjadi pada saat pengujian modul kamera sebanyak 3 kali dengan ditandai munculnya garis pada tampilan kamera, serta response time yang dibutuhkan firebase untuk menerima data dari modul wifi ESP8266 adalah 5-6 detik. Meskipun demikian sistem monitoring ini tetap dapat menampilkan aplikasi MIT APP Inventor pada smartphone dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Dewantoro. D. W, “Rancang Bangun Lengan Robot Pemilah Barang Berdasarkan Berat dengan Pemanfaatan Internet Of Things (IoT) Sebagai Kontrol Dan Monitoring Jarak Jauh,” Semin. Has. Elektro S1 ITN Malang, vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
  2. M. W. Sari and H. Hardyanto, “Implementasi Aplikasi Monitoring Pengendalian Pintu Gerbang Rumah Menggunakan App Inventor Berbasis Android,” Eksis, vol. 09, no. 1, pp. 20–28, 2016.