Sistem Pengendali Otomatis Pada Mesin Smart Bartender

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agung Prakoso
Fahreza Rizky Ramadhan
Anicetus Damar Aji
Wisnu Hendri Mulyadi

Abstract

Takaran bahan pada pencampuran minuman bartender umumnya berdasarkan feeling atau pengalaman sang bartender. Hal ini menyulitkan bagi bartender pemula yang belum memiliki pengalaman dalam mencampur-campur minuman. Sehingga kami membuat Mesin Smart Bartender untuk menunjang kebutuhan baretender dalam melakukan pencampuran minuman lebih cepat dengan takaran yang akurat. Mesin ini menggunakan microcontroller Arduino ATmega 2560 sebagai pengendali. Pemrograman operasi input dan output menggunakan Software Arduino IDE dengan bahasa pemrograman C. Sistem bekerja secara otomatis mengontrol perlengkapan mekanik maupun elektronik sehingga mampu menggantikan peran manusia dalam hal pengambilan keputusan. Mesin ini juga dilengkapi dengan Software yang dapat diakses melalui smarphone menggunakan Bluetooth. Pada mesin ini terdapat enam buah botol yang diisi dengan minuman. Minuman ini dapat dikombinasikan dengan minuman lain sehingga menghasilkan suatu resep dengan cita rasa yang khas. Analisis performansi system ini diuji melalui pengujian Relay, pengujian keakuratan volume, pengujian kualitas minuman yang dihasilkan mesin, pengujian system komunikasi dan jarak minimal akses melalui bluetooth. Hasil pengujian menunjukan bahwa mesin ini dapat bekerja sesuai deskripsi, adapun rata-rata total untuk persentase error terhadap volume yang dihasilkan sebesar 1,51% dengan debit air rata – rata total sebesar 28,62 ml/s, jarak konektivitas via Bluetooth yang baik adalah 1-20 m.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. I. A. P. M. Pramita and I. P. G. Parma, “Strategi Peningkatan Kualitas Barista dan Bartender di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak,” J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 3, no. 2, pp. 69–77, 2020.
  2. D. Koestanto, “PROFIL Profesionalisme Kerja Bartender Di Star Hotel Semarang,” Gemawisata J. Ilm. Pariwisata, vol. 12, no. 1, 2015.
  3. B. Sugiantoro, “Aplikasi Teknologi Bluetooth untuk Komunikasi Wireless,” 2005.
  4. P. Rahmiati, G. Firdaus, and N. Fathorrahman, “Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 2, no. 1, p. 1, 2014.
  5. T. Adiono, S. F. Anindya, S. Fuada, K. Afifah, and I. G. Purwanda, “Efficient android software development using mit app inventor 2 for bluetooth-based smart home,” Wirel. Pers. Commun., vol. 105, no. 1, pp. 233–256, 2019.
  6. M. Quanjin, M. R. M. Rejab, M. S. Idris, B. Zhang, M. N. M. Merzuki, and N. M. Kumar, “Wireless technology applied in 3-axis filament winding machine control system using MIT app inventor,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2019, vol. 469, no. 1, p. 12030.