METODE AHP UNTUK MENENTUKAN JENIS USAHA POTENSIAL DI KAWASAN WISATA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lydia Salvina Helling

Abstract

Kotamadya Bogor adalah salah satu kotamadya di daerah Jawa Barat yang memiliki potensi dalam segi pariwisata, yang menarik, unik, dan indah. Kodisi tersebut secara otomatis membuka peluang bagi pedagang kaki lima untuk menjalankan jenis usaha. Kenyataannya pemilihan jenis usaha yang dipilih sering kurang cocok dengan minat wisatawan maupun lokasi tempat mereka membuka usaha, sehingga mengakibatkan usaha tersebut tidak berkembang bahkan dapat terjadi kebangkrutan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pengambilan keputusan yang dapat memberikan rekomendasi untuk membantu DISBUDPAR kotamadya Bogor dalam mengarahkan pedagang kaki lima berkaitan dengan pemilihan jenis usaha yang potensial di suatu kawasan wisata tertentu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process untuk mengolah data kualitatif menjadi suatu bentuk data kuantitatif. Metode ini menggunakan hirarki dalam tahapan pemrosesan data dengan membentuk matrik-matrik dari data-data tersebut. Berdasarkan hasil dari pengolahan yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kawasan wisata The Jungle merupakan kawasan wisata yang terpilih untuk tempat berwisata bagi wisatawan dan tempat membuka usaha yang terbaik bagi pedagang kaki lima. Sedangkan jenis usaha terbaik yang bisa dilakukan di kawasan wisata tersebut adalah jenis usaha makanan.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Lydia Salvina Helling, AMIK BSI Bekasi

Penulis dilahirkan pada tanggal 10 September 1974 di Jakarta dari orang tua pasangan Eddy Edward Helling dan Gaby Lekahena. Penulis merupakan anak pertama dari tiga orang bersaudara. Dua orang adik kesayangan penulis, yaitu : Marcilia Octaviani Helling dan Christian Enrico Helling.

             Pendidikan formal penulis dimulai dari Taman Kanak-kanak Marsudirini pada tahun 1979, dilanjutkan dengan Sekolah Dasar Tunas Keluarga Mulia Marsudirini pada tahun 1980, kemudian Sekolah Menengah Umum Tingkat Pertama Swasta Marsudirini tahun 1986, dan Sekolah  Menengah Umum Tingkat Atas Negeri 13 pada tahun 1989.

            Pada tahun 1992, penulis melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta Universitas Gunadarma dengan jurusan Manajemen Informatika jenjang Strata Satu dan lulus pada tahun 1997.

            Sejak tahun 1996 menjadi asisten di Laboratorium AS/400 Pengembangan Sistem Gunadarma (PSG), kemudian tahun 1997 sampai tahun 2005 bekerja sebagai programmer di PT.PROMEXX INTI CORPORATAMA, dan pada tahun 2005 sampai tahun 2006 bekerja sebagai Chief IT-Support di PT.TRIJATA NUSA ( PT.TRITANU ). Saat ini penulis tercatat sebagai dosen luar biasa pada Akademi Bina Sarana Informatika sejak tahun 2006 sampai sekarang.

            Sejak tahun 2009, penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Program Pasca Sarjana (Program Magister Sistem Informasi) di Universitas Gunadarma dengan bidang peminatan Sistem Informasi Bisnis ( SIB ).