PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN TIKET MASUK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Jungleland Asia)
DOI:
https://doi.org/10.32722/eb.v21i1.4570Abstract
Industri pariwisata di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya adalah Jungleland Adventure Theme Park yang dikelola oleh PT. Jungleland Asia di bawah manajemen PT. Graha Andrasentra Propertindo Tbk. Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitive, mendorong perusahaan untuk terus meng-update inovasi dan produk andalan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sistem pengendalian internal penjualan tiket masuk sudah disusun oleh manajemen dengan jelas, struktur organisasi dan tanggung jawab masing masing dijalankan sesuai dengan ketetapan, prosedur penjualan yang tercatat sudah berjalan sesuai dengan penjualan dilapangan, namun pada tahun 2018 penjualan tiket masuk tidak mencapai target yang sudah ditentukan dari target sebesar Rp. 121.996.600.000 hanya tercapai Rp.107.729.732.136 maka disimpulkan pada tahun
2018 penjualan tiket masuk Jungleland Adventure Theme Park belum efektif .
