PERAN SELEBRITI ENDORSE TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN MENENGAH ATAS PADA PRODUK UKM

Authors

  • Fatimah Accounting Department of Jakarta State Polytechnic, D4 Financial Management
  • Darna Accounting Department of Jakarta State Polytechnic, D4 Islamic Banking and Finance
  • Endang Purwaningrum Accounting Department of Jakarta State Polytechnic, D4 Financial Management
  • Elisabeth Yansye Metekohy Accounting Department of Jakarta State Polytechnic, D3 Finance and Banking

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v20i2.4349

Abstract

Pandemi covid-19 membuat perekonomian Indonesia mengalami penurunan daya beli konsumen. Cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah memulihkan kepercayaan kelompok konsumen menengah atas yang masih memiliki daya beli. Tingkat kepercayaan tersebut akan mendorong peningkatan belanja barang dan jasa yang dijual oleh UKM . Promosi dengan menggunakan selebriti endorse melalui media sosial banyak digunakan Pelaku UKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengukur pengaruh langsung selebriti endorse kepada keputusan membeli produk UKM dan mengukur pengaruh tidak langsung selebriti endorse terhadap keputusan membeli produk UKM melalui variabel ntervening tingkat kepercayaan kepada produk. Penelitian dilakukan di sekitar Jakarta, Bogor dan Depok, dengan populasi adalah kelompok menengah atas dengan penghasilan di atas 5 juta rupiah dan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik sampling menggunakan purposive non-random sampling, teknik ini dipilih karena tidak adanya data yang pasti mengenai jumlah anggota populasinya. Alat analisis menggunakan Path Analysis. Hasil perhitungan menunjukkan Selebriti Endorse hanya dapat mempengaruhi konsumen menengah atas untuk membeli produk UKM sebesar 3,1%, Sedangkan pengaruh tidak langsung dari selebriti endorse mempengaruhi keputusan konsumen menengah atas untuk membeli produk UKM melalui variabel intervening tingkat kepercayaan kepada produk adalah sebesar 59%. Saran kepada Pelaku UKM, harus memilih selebriti endorse yang dapat memunculkan kepercayaan konsumen menengah atas kepada produk UKM.

Kata Kunci: Selebriti Endorse, Produk UKM, Menengah Atas, Tingakat Kepercayaan.

Published

2021-12-01