STRATEGI OPTIMASI TOKO, IKLAN PUSH, OPTIMASI PRODUK DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA TOKO ROEMAH AISYA)

Authors

  • Novitasari Jurusan Akuntansi – Politeknik Negeri Jakarta
  • Hastuti Redyanita Jurusan Akuntansi – Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v20i2.4343

Abstract

Akibat dari perkembangan ekonomi digital dan pergeseran model bisnis UMKM serta perubahan perilaku konsumsi masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menjadikan dunia marketplace semakin menjanjikan baik bagi pembeli maupun penjual, sebagai tempat sarana jual beli online yang aman, mudah, efektif dan lengkap. Shopee sebagai marketplace dengan posisi teratas di tahun 2020 membuat Shopee menjadi pilihan bagi penjual sebagai salah satu saluran pemasaran yang paling diminati. Jumlah penjual yang terus semakin meningkat di Shopee membuat peta persaingan di Shopee semakin ketat. Toko Roemah Aisya sebagai salah satu penjual di Shopee memiliki permasalahan penurunan omzet penjualan di periode Februari – Juli 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi bagi permasalahan penjualan yang dihadapi Toko Roemah Aisya melalui strategi optimasi toko, iklan push, optimasi produk dan promosi. Diharapkan dari penelitian ini dapat memberikan masukan bagi Toko Roemah Aisya mengenai cara meningkatkan trafik toko dan konversi penjualan, selain itu diharapkan dapat memberikan saran bagi pemangku kebijakan bisnis digital, baik itu pemerintah maupun perusahaan platform marketplace. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti menggambarkan dan menganalisa secara utuh dan mendalam fenomena sosial yang terjadi pada Toko Roemah Aisya. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan data penjualan periode Februari – Juli 2021, tingkat trafik dan konversi penjualan Toko Roemah Aisya masih rendah sehingga omzet penjualan yang diperoleh cenderung menurun dan tidak stabil. Strategi pemasaran yang selama ini dijalankan oleh Roemah Aisya belum optimal meningkatkan omzet penjualan di Shopee. Oleh karena itu Roemah Aisya harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar trafik toko dapat meningkat, tingkat konversi tinggi dan target penjualan dapat tercapai. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan tampilan toko, memanfaatkan fasilitas iklan yang ada di Shopee, mengoptimalkan produk baik dari harga, kualitas maupun varian, serta memanfaatkan fitur promosi yang disediakan oleh Shopee.

Kata kunci: marketplace, traffic toko, konversi, penjualan, promosi, optimasi

Published

2021-12-01