STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNGGUL BERSAING DAN BERKELANJUTAN PADA BISNIS KREATIF (STUDI EMPIRIS PT. NAYFOS ULPA BUSANA, KELAPA DUA, TUGU CIMANGGIS, DEPOK)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

A. Sarmada
Nasruddin Latief

Abstract

Pada saat ini bisnis kreatif baik berskala kecil sampai besar dihadapkan pada tantangan di era globalisasi dan MEA, ditambah dengan kondisi melemahnya perekonomian di Indonesia pada tahun 2016 s.d. 2018, hal ini berdampak kepada tingkat persaingan bisnis usaha yang semakin tinggi, oleh karena itu pengusaha yang dapat menentukan strategi yang tepat dalam mengembangkan dan meningkatkan pendapatan usahanya adalah perusahaan yang dapat mencapai tujuan perusahaan secara lebih efisien dimasa yang akan datang.

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengidentifikasi aspek-aspek manajemen strategi daripada lingkungan internal dan eksternal yang menjadi kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity, dan ancaman (threat) bagi pengembangan usaha bisnis kreatif PT. Nayfos Ulpa Busana, Depok; 2) Untuk mengetahui posisi unit bisnis perusahaan bisnis kreatif PT. Nayfos Ulpa Busana, Depok dengan menganalisis tingkat pertumbuhan pasar (Market Grow Rate) dan bagian pasar relatif (Relatif Market Share); 3). Untuk menetapkan strategi unggulan yang tepat dan sesuai (dari berbagai alternative strategi) bagi pengembangan usaha bisnis kreatif PT. Nayfos Ulpa Busana, Depok.

Hasil dari penelitian ini adalah perumusan dan penetapan strategi yang unggul, tepat dan sesuai bagi pengembangan usaha bisnis kreatif PT. Nayfos Ulpa Busana, Depok dalam rangka upaya melepaskan perusahaan dari kompleksitas permasalahan-permasalahan mendasar yang terkait dengan realisasi pengembangan bisnisnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##