PELATIHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS PLAN PENGEMBANGAN USAHA BERBANTUAN KOMPUTER BAGI PERCETAKAN SKALA KECIL DI TANGERANG SELATAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mochamad Yunus Fitriady
Ponadi Ponadi

Abstract

Bisnis plan atau perencanaan usaha sangat penting bagi wirausaha dalam memulai maupun mengembangkan bisnis seorang wirausaha, jika rencana usaha tersebut dibuat secara irasional, tidak cepat dan tepat sasaran, maka diduga kuat dalam pelaksanaan usahanya akan tertinggal bahkan gagal dalam persaingan bisnis yang semakin kompleks pada era MEA saat ini.

Khalayak sasaran/mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah merupakan wirausaha percetakan berskala kecil, yaitu: mitra ke-1 CV. Eka Mulia Jati Production (EMJ Production) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, alamat perusahaan di jalan W.R. Supratman No.40 Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, sedangkan mitra ke-2 adalah UD. Alief Jaya Finishing yang berdomisili di Jalan Mawar No. 9, Ciputat, Tangerang Selatan.

Permasalahan  mitra yang bersifat urgent yang harus diberikan solusinya adalah: 1). Khalayak sasaran/mitra dalam pembuatan bisnis plan sebagian besar dalam penilaian maupun pengambilan keputusannya secara irasional. 2). Khalayak sasaran/mitra tidak dapat membuat bisnis plan pengembangan usaha secara rasional, efektif dan efisien. dan 3). Khalayak sasaran/mitra belum menerapkan bantuan komputer, program  descriptive statistic dan penyajian tabel menggunakan program microsoft office excel minimal tahun 2007 sebagai alat bantu pengambilan keputusan bisnis plan pengembangan usaha.

 Metode pendekatan dan penyelesaian yang akan dilakukan adalah upaya pemberian solusi yang ditawarkan dengan beberapa metode, yaitu: 1). Urun rembug, yaitu: pertemuan bernuansa kekeluargaan untuk memahami secara rinci kondisi, kebutuhan dan potensi mitra. 2). Dikusi terarah (Focused Group Discussion-FGD) untuk memberikan pemahaman kepada mitra tentang orientasi solusi yang diberikan. 3). Pelatihan: kegiatan pembelajaran untuk meningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan pemanfaatan descriptive statistic dan tabel menggunakan program excel sebagai alat manajemen dalam rangka penilaian untuk pengambilan keputusan rasional pada bisnis plan 4). Jangka waktu: 8 bulan masa pelatihan. pembelajaran, pembinaan, pendampingan, pembimbingan maupun praktek, evaluasi dan review hingga mitra dapat megumpulkan, mengolah, dan membuat penyajian data baik secara tabel dan descriptive statistic pada program excel minimal tahun 2007, sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis plan pengembangan usaha yang berdampak berdampak kepada peningkatan pendapatan bisnis dan daya saing produk.

Melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini luaran/keluaran yang diharapkan, adalah khalayak sasaran/mitra dapat membuat bisnis plan pengembangan usaha secara rasional, efektif dan efisien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##