ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING PPH PASAL 21 TERHADAP EFISIENSI PAJAK TERUTANG PADA PT. KEMUNING LESTARI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Krisna Sudjana
Ika Nurhayati
Ika Nurhayati

Abstract

Dalam menjalankan usaha bisnisnya, tentu perusahaan akan melakukan upaya untuk memaksimalkan laba usahanya. Dengan laba yang tinggi, perusahaan akan mendapat kepercayaan dari investor dan juga kreditur, sehingga perusahaan mendapat modal untuk melakukan kegiatan operasional perusahaan, untuk dapat mengurangi laba perusahaan tersebut maka diperlukan perencanaan pajak yang legal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode yang saat ini digunakan yaitu metode Gross perusahaan dapat menghasilkan laba sebesar Rp 2.364.329.617,-, dengan menggunakan metode Gross maka untuk saat ini perusahaan tepat dalam upaya meminimalkan pajak terutangnya hal ini dilihat dari besarnya laba rugi perusahaan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Gross perusahaan sudah efisien dan setelah dilakukan perencanaan pajak penghasilan pasal 21 terhadap efisiensi pajak terutang badan dapat dilihat dari besarnya penghematan pajak dengan menggunakan metode Net sebesar Rp 24.447.652,200 dan dengan menggunakan metode Gross Up sebesar Rp 29.071.324,- dapat disimpulkan bahwa besarnya penghematan tersebut belum signifikan karena dari 166 orang karyawan hanya 72 orang yang penghasilannya diatas PTKP hal ini hanya berpengaruh terhadap pajak terutang badannya saja akan tetapi tidak berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Krisna Sudjana, STIE GICI Business School

Penulis dilahirkan di Cimahi, 23 Januari 1987. Menamatkan pendidikan S1 di Program Studi Akuntansi STIE GICI Business School pada tahun 2009, kemudian melanjutkan studi S2 dan meraih gelar MM di Institut Manajemen Telkom Konsentrasi Corporate Development pada tahun 2012. Penulis mempunyai pengalaman profesional di beberapa perusahaan berskala nasional, yaitu sebagai Education Consultant di PT. Gicigroup Nasional Indonesia dan mengalami kenaikan posisi menjadi Public Relation Controller di perusahaan yang sama, selain itu penulis juga pernah menjabat sebagai Customer Handling Supervisor yang kemudian dipromosikan menjadi Operational Manager di PT. Javanala Mobile Teknologi, dan penulis juga berpengalaman sebagai Konsultan Independen di Planofitec Consultant. Saat ini penulis merupakan Dosen Tetap sekaligus Coach Life Skill Training (LST) di STIE GICI. Mata kuliah yang diampu adalah Desain Pemikiran Bisnis dan Karakter Wirausahawan, Dasar-dasar Kewirausahaan, Manajemen Berfikir Kreatif dan Inovatif, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan, juga Pendidikan Agama. Penulis juga tercatat sebagai aktivis di beberapa organisasi kemasyarakatan serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk kemaslahatan umat.